2 Kali Jatuhkan Juara Bertahan, Masataka Taniguchi Raja Baru WBO

Kamis, 16 Desember 2021 - 05:56 WIB
loading...
2 Kali Jatuhkan Juara Bertahan, Masataka Taniguchi Raja Baru WBO
2 Kali Jatuhkan Juara Bertahan, Masataka Taniguchi Raja Baru WBO/The Sun
A A A
Masataka Taniguchi dua kali menjatuhkan juara bertahan Wilfredo Mendez untuk menjadi raja baru tinju Kelas Terbang Mini WBO. Masataka Taniguchi menjadi juara Kelas Terbang Mini WBO setelah meng-KO Wilfredo Mendez di ronde 11 dalam pertarungan di Kokugikan Arena di Tokyo, Jepang.

Taniguchi menjatuhkan Mendez di ronde kedua dan memaksa wasit Nobuto Ikehara menghentikan pertandingan pada 1:08 ronde kesebelas. Pertarungan perebutan gelar Kelas terbang Mini WBO tersebut merupakan salah satu dari sedikit jadwal tinju yang tersisa di Jepang di tengah pandemi Covid-19.



Mendez dijatuhkan oleh pukulan lurus tangan kiri di ronde kedua, tapi masih bisa bangkit tetapi sudah jauh tertinggal dalam penghitungan angka. Taniguchi terus memimpin, bertekad untuk memenangkan gelar utama pada percobaan keduanya.

Satu-satunya tawaran lainnya datang pada Februari 2019, menderita kekalahan dua belas ronde dari Vic Saludar yang pada gilirannya menyerahkan gelar WBO kepada Mendez di pertahanan berikutnya. Mendez jatuh ke lubang yang lebih dalam setelah menderita pengurangan poin di ronde enam.

Juara bertahan dari Trujillo Alto, Puerto Rico, itu mencoba dengan sia-sia untuk kembali ke pertarungan, meskipun tidak mampu melakukan lebih dari sekadar mengimbangi penantangnya yang gigih. Upaya terakhir Mendez terlihat kuat di dekat ronde sepuluh, dengan Taniguchi tertegun sebentar tetapi tetap tegak.

Taniguchi mendorong melewati lonjakan akhir untuk melanjutkan serangan di ronde sebelas, dua kali memukul Mendez di sepanjang tali. Mendez selamat dari kebingungan awalnya, hanya untuk menemukan dirinya terjebak di sudut sebelum pertarungan itu untungnya dihentikan.



Kekalahan itu mengakhiri penguasaan gelarnya yang panjang namun membuat frustrasi yang melihat dua pertahanan gelar sebelumnya gagal selama minggu pertarungan. Pertarungan hari Selasa adalah pertarungan pertama Mendez sejak pandemi, mengakhiri tujuh kemenangan beruntunnya dan mempertahankan gelar.

Ini juga mengurangi jumlah gelar di Puerto Rico menjadi hanya dua—ratu kelas bulu WBC/WBO/IBO terpadu Amanda Serrano (41-1-1, 30 KO) dan juara kelas terbang junior WBO Jonathan 'Bomba' Gonzalez. Taniguchi memperbaiki rekornya menjadi 15-3 (10 KO), memperpanjang empat kemenangan beruntunnya saat ini. Petinju kidal berusia 27 tahun ini sekarang menjadi salah satu dari delapan peraih gelar utama saat ini dari Jepang, termasuk juara Kelas Bantam WBA/IBF Naoya Inoue (21-0, 18KO).
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1960 seconds (0.1#10.140)