Mengenang Momen Indah Kala Indonesia Permalukan Malaysia di Final

Sabtu, 18 Desember 2021 - 03:05 WIB
loading...
Mengenang Momen Indah Kala Indonesia Permalukan Malaysia di Final
Jika mendengar duel Indonesia vs Malaysia, biasanya akan teringat final Piala AFF 2010. Tapi, ada satu momen lain yang juga fenomenal, yaitu final Sea Games 1987. Foto: inews
A A A
KALLANG - Jika mendengar partai klasik antara Indonesia vs Malaysia, publik sepak bola tentu akan mengingat final Piala AFF 2010 yang fenomenal. Pertemuan itu berakhir dengan kegagalan tim Merah Putih meraih gelar juara.



Namun, mungkin jarang ada yang tahu kalau Indonesia pernah merasakan momen spesial mengalahkan Malaysia di partai puncak.

Indonesia pernah berhasil keluar sebagai juara usai menundukan Malaysia. Namun, bukan pada ajang Piala AFF, melainkan Sea Games 1987.

Pada tahun itu, Piala AFF belum lahir. Ajang Sea Games pun menjadi wadah bagi tim-tim Asia Tenggara untuk saling adu kualitas di lapangan hijau.

Perjalanan Indonesia di Sea Games 1987 terbilang mulus. Mencatat rekor tidak terkalahkan dan hanya sekali meraih hasil imbang, yakni kala menghadapi Thailand pada fase grup B dengan skor 0-0.

Di babak semifinal, Indonesia tampil trengginas usai menggilas Myanmar yang kala itu bernama Burma dengan skor telak 4-0.

Di partai puncak, tim Garuda yang kala itu dihuni legenda, Ricky Yacobi bertemu Malaysia yang pada partai semifinal menang 2-0 atas Thailand.

Laga antara Indonesia dan Malaysia memang layak selamanya dilabeli sebagai laga derby Asia Tenggara. Pasalnya, pertandingan selalu berjalan panas tiap kali kedua tim bersua.

Berbagai konflik antar dua negara di luar lapangan kerap terbawa ke lapangan hijau. Tak heran jika partai Indonesia dan Malaysia selalu berlangsung seru.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)