Piala AFF 2020: Mampukah Sayap-sayap Garuda Mencakar Harimau Malaya?

Sabtu, 18 Desember 2021 - 09:56 WIB
loading...
Piala AFF 2020: Mampukah Sayap-sayap Garuda Mencakar Harimau Malaya?
Keberadaan pemain sayap Timnas Indonesia yang siap menerbangkan skuad Garuda ke semifinal Piala AFF 2020. Mereka adalah Witan Sulaeman, Yabes Roni, Ramai Rumakiek dan Irfan Jaya / Foto: Kolase
A A A
SINGAPURA - Timnas Indonesia boleh sedikit berbangga dengan pencapaiannya mereka di tiga pertandingan fase Grup B Piala AFF 2020. Betapa tidak, skuad Garuda sejauh ini masih memegang rekor sempurna dengan belum terkalahkan melawan Kamboja, Laos, dan Vietnam.

Sekarang ujian sebenarnya akan terhampar di Stadion Nasional Singapura saat Timnas Indonesia berhadapan melawan Malaysia, Minggu (19/12/2021) malam WIB. Ada beberapa pemain yang bakal mendapat perhatian besar di pertandingan nanti.

Ini tentang keberadaan pemain sayap Timnas Indonesia yang siap menerbangkan skuad Garuda ke semifinal Piala AFF 2020. Mereka adalah Witan Sulaeman, Yabes Roni, Ramai Rumakiek dan Irfan Jaya.

BACA JUGA: Malaysia vs Timnas Indonesia: Berharap Tuah Stadion Nasional Singapura

Kebebasan yang diberikan oleh Shin Tae-yong kepada keempat pemain ini untuk mengeksplorasi sayap membuat permainan sayap Timnas Indonesia begitu berbahaya. Pasalnya, mereka mampu mengimplementasikan ide pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Tengok saja statistik keempat pemain selama tampil di Piala AFF 2020. Witan misalnya, pemain bernomor punggung 8 yang sudah memainkan 214 menit dalam tiga pertandingan mampu memberikan kontribusi besar dengan mencetak satu gol dan satu assist.

BACA JUGA: Piala AFF 2020: Hitung-hitungan jika Timnas Indonesia Kalah dari Malaysia, Bisa Lolos?

Tak hanya Witan saja. Dua pemain lain, yakni Ramai dan Irfan Jaya juga sudah membukukan satu gol. Sehingga tak aneh jika Shin lebih banyak menginstruksikan anak asuhnya untuk mengalirkan bola ke sisi kanan dan kiri untuk memudahkan pergerakan Dedik Setiawan untuk menembus jantung pertahanan.

Efektivitas serangan Timnas Indonesia juga didukung kreativitas para gelandang yang kerap mengisi second line. Dalam hal ini, Evan Dimas dan Ricky Kambuaya patut mendapat pujian yang sama lantaran keduanya memiliki peran yang sama untuk membantu serangan maupun lini pertahanan.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)