Elkan Baggot hingga Cristian Gonzales, Pemain Keturunan dan Naturalisasi Cetak Gol Timnas Indonesia

Minggu, 19 Desember 2021 - 22:27 WIB
loading...
Elkan Baggot hingga Cristian Gonzales, Pemain Keturunan dan Naturalisasi Cetak Gol Timnas Indonesia
Elkan Baggot hingga Cristian Gonzales, Pemain Keturunan dan Naturalisasi Cetak Gol Timnas Indonesia/PSSI/Sindonews/okezone
A A A
Elkan Baggot hingga Cristian Gonzales, pemain keturunan dan Naturalisasi pencetak gol di Piala AFF untuk Timnas Indonesia.
Elkan Baggott mencetak debut gol untuk Indonesia saat membobol gawang Malaysia pada pertandingan terakhir Grup B Piala AFF 2020.

Elkan Baggott mampu mencetak gol di menit ke-82 ke gawang Malaysia melalui sundulan kepala mematikan. Elkan Baggott sendiri turun sebagai pemain pengganti pada menit ke 46 menggantikan Ramai Rumakiek. Elkan bermain sebagai bek tengah yang sesekali maju saat ada set-piece.



Kontribusi Elkan Baggot cukup siginifikan bagi Indonesia. Golnya membuatnya mencatatkan gol pada turnamen debutnya bersama timnas Indonesia. Namun, dia bukanlah pemain keturunan atau naturalisasi Indonesia yang pertama yang mencetak gol di Piala AFF.Berikut adalah pemain naturalisasi dan keturunan Indonesia yang berhasil mencetak gol di Piala AFF untuk timnas Indonesia:

1. Elkan Baggott
Elkan Baggott mampu menciptakan gol pertamanya untuk Indonesia pada pertandingan Piala AFF 2020 melawan Malaysia. Elkan Baggot mampu mencetak gol ke-4 Timnas Indonesia untuk menutup pesta gol kemenangan 4-1 atas Malaysia.
Elkan yang memiliki ayah orang Inggris dan ibu orang Indonesia menjadi pemain keturunan termuda yang mampu mencetak gol di Piala AFF untuk Indonesia. Hal ini membuatnya menjadi pilihan utama Shin Tae Yong ke depannya.

2. Cristian Gonzales
Nama Cristian Gonzales tentu bukan nama asing di sepak bola Indonesia. Dia adalah top skorer sepanjang masa Liga Indonesia dengan jumlah gol lebih dari 200 gol sepanjang kariernya di Liga Indonesia.

Gonzales mencetak gol untuk timnas Indonesia di tahun 2010. Dia membela timnas setelah mendapat paspor Indonesia sebulan sebelum Piala AFF. Gonzales menjadi mesin gol Indonesia di Piala AFF 2010. Salah satu gol terbaiknya adalah gol ke gawang Filipina. Gonzales mencetak gol dari luar kotak penalti yang membuat Indonesia menang 1-0 atas Filipina.

3. Irfan Bachdim
Irfan Bacdhim membela timnas Indonesia di Piala AFF 2010. Irfan saat itu barus aja mendapatkan paspor Indonesia setelah sebelumnya memiliki paspor Belanda karena dia tinggal dan berkarier di Belanda. Irfan mencetak gol di Piala AFF 2010 untuk timnas Indonesia ke gawang Malaysia.



Saat itu, Irfan melakukan debut di Piala AFF 2010 dan langsung mencetak gol.Gol yang paling diingat adalah golnya ke gawang Malaysia. Golnya menjadi gol kelima Indonesia saat itu yang membuat Malaysia kalah 1-5 dari Indonesia. Dia menyambut crossing manja dari Okto Maniani dan disambut tendangan sliding yang menghujam gawang Malaysia.

4. Stefano Lilipaly
Stefano Lilipaly atau dipanggil Fano merupakan pemain keturunan Indonesia yang memiliki darah Maluku. Fano membela timnas Indonesia di Piala AFF 2016 dan 2018. Fano saat itu sudah memiliki paspor Indonesia setelah sebelumnya memiliki paspor Belanda.

Fano mencetak gol di Piala AFF 2010 ke gawang Vietnam. Fano mencetak gol di semifinal Piala AFF 2016 saat itu Indonesia masih dilatih Alfred Riedl. Fano mencetak gol pertama di leg ke 2 semifinal Piala AFF 2016. Fano akhirnya menjadi salah satu pemain keturunan yang sukses mencetak gol untuk timnas Indonesia. Dia menyusul catatan Cristian Gonzales dan Irfan Bachdim yang sudah mencetak gol untuk Indonesia di gelaran Piala AFF sebelumnya.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)