Preview Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura: Hindari Adu Penalti

Sabtu, 25 Desember 2021 - 07:05 WIB
loading...
Preview Leg 2 Semifinal Piala AFF 2020 Indonesia vs Singapura: Hindari Adu Penalti
Leg 2 semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan digelar hari ini, Sabtu (25/12/2021), di National Stadium. Kedua tim sepakat untuk menghindari adu penalti. Foto: twitter
A A A
KALLANG - Leg 2 semifinal Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Singapura akan digelar hari ini, Sabtu (25/12/2021), di National Stadium. Kedua tim sepakat untuk menghindari adu penalti.



Ini berarti Indonesia dan Singapura sama-sama mengincar kemenangan di waktu normal. Ini agar tidak perlu repot-repot harus melewati perpanjangan waktu dan adu penalti.

Potensi terjadinya perpanjangan waktu atau bahkan adu penalti cukup terbuka. Ini lantaran saat leg 1, yakni Singapura vs Indonesia, Rabu (22/12/2021) berakhir 1-1.

Bila dalam situasi normal, Indonesia harusnya mendapat keuntungan gol tandang. Skuad Garuda hanya perlu imbang 0-0 untuk lolos ke partai puncak.

Tapi, karena Piala AFF 2020 berlangsung dengan terpusat di satu lokasi, yakni Singapura, maka peraturan gol tandang tidak diberlakukan.

Jika nanti berakhir 0-0 di waktu normal, laga akan berlanjut ke perpanjangan waktu dan mungkin adu penalti jika skor tidak berubah. Hal serupa berlaku jika imbang 1-1, 2-2 dan seterusnya.

Dengan kata lain Indonesia dan Singapura harus menang dengan skor berapapun di waktu normal, atau maksikmal hingga perpanjangan waktu jika ingin menghindari adu penalti.

"Saya tidak berpikir pertandingan akan sampai adu penalti. Saya ingin laga selesai sebelum itu," kata pelatih Indonesia, Shin Tae-yong dalam konferensi pers virtual.

"Memang ada kemungkinan itu terjadi. Tapi, itu tidak pernah ada dalam rencana saya," lanjut juru taktik asal Korea Selatan itu.

Wajar jika Shin Tae-yong enggan ambil resiko terjadi adu penalti. Soalnya Indonesia pernah kalah di fase ini pada laga penentuan di Piala AFF.

Salah satunya saat bentrok Thailand di final Piala AFF 2002. Saat itu partai puncak masih digelar sekali, dan laga berakhir 2-2. Sialnya, saat adu penalti, Indonesia kalah 2-4.

Selain itu, mayoritas pemain Indonesia juga diyakini minim pengalaman soal adu penalti. Ini karena rata-rata berusia muda.

Nyatanya, khusus di Piala AFF 2020 ini, hanya satu pemain Indonesia yang sempat mencetak gol dari titik putih, yakni Asnawi Mangkualam Bahar saat bentrok Laos di penyisihan Grup B.

Disisi lain, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida punya pola pikir yang sama seperti Shin Tae-yong. Dia juga ingin mengalahkan Indonesia sebelum babak adu penalti.

"Saya tidak punya rencana untuk adu penalti dan saya ingin menyelesaikannya dalam waktu 90 menit," kata Tatsuma dalam konferensi pers virtual.

Namun, arsitek asal Jepang itu tetap akan mengantisipasi potensi terjadinya adu penalti mengingat kedua kubu saling mendominasi pada leg pertama.

"Tetapi tentu saja perpanjangan waktu dan adu penalti bisa dilakukan," tegasnya.



Perkiraan Susunan Pemain

Indonesia (4-3-3): Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Rachmat Irianto; Rikcy Kambuaya, Witan Sulaeman; Egy Maulana Vikri, Kushedya Hari Yudo, Irfan Jaya

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)

Singapura (3-5-2): Hassan Sunny; Zulfahmi Arifin, Safuwan Baharudin, Irfan Fandi; Nazrul Nazari, Song Ui-yong, Shahdan Sulaiman, Hariss Harun, Nur Adam Abdullah; Faris Ramli, Ikhsan Fandi

Pelatih: Tatsuma Yoshida (Jepang)
(mirz)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1418 seconds (0.1#10.140)