Setelah 3 Dekade, Ferrari Berpisah dengan Sponsor Legendaris

Selasa, 04 Januari 2022 - 07:32 WIB
loading...
Setelah 3 Dekade, Ferrari Berpisah dengan Sponsor Legendaris
Setelah 3 Dekade, Ferrari Berpisah dengan Sponsor Legendaris. Foto: IST
A A A
MARANELLO - Dengan bergantinya tahun, maka usai pula keterlibat hubungan antara Scuderia Ferrari dengan Philip Morris. Perusahaan rokok tersebut tidak akan menjadi sponsor Ferrari mulai F1 2022.

Nama Philip Morris di F1 sudah terlihat sejak 1972, dengan menjadi sponsor di berbagai tim melalui merek rokok Marlboro. Mulai dari BRM, Footwork, Dallara, McLaren hingga Ferrari.



Merek rokok asal Amerika Serikat (AS) itu kemudian menjadi sponsor utama Ferrari pada 1993. Sejak saat itu, nama keduanya sama sekali tak terpisahkan, terutama di era kejayaan Michael Schumacher.

Pelarangan sponsor merek rokok di F1 tak menghentikan upaya Philip Morris. Mereka tetap menjadi pendukung Ferrari, walau logo Marlboro diganti barcode, hingga menggantinya menjadi Mission Winnow.

Namun, seperti dikabarkan Essentially Sports, Senin (3/1/2022), keterlibatan merek legendaris tersebut berakhir 31 Desember 2021. Ferrari memilih untuk tak memperpanjang kontrak tersebut.

Dengan begitu, hubungan yang terjalin selama 30 tahun telah berakhir. Ferrari memilih untuk melangkah tanpa uang dari Philip Morris, dan menggandeng sponsor lain.

Langkah yang dibuat oleh Ferrari ini cukup masuk akal, mengingat berlakunya pembatasan dana atau budget cap. Pabrikan asal Maranello, Italia itu dirasa mampu mengatasi budget cap sebesar 140 juta dolar AS atau sekitar Rp1,99 triliun, tanpa bantuan sponsor.

Menariknya, Philip Morris tampaknya tidak akan terlibat di olahraga bermotor sama sekali. Kabarnya, tim Ducati Corse di MotoGP juga telah mengakhiri kontraknya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1396 seconds (0.1#10.140)