Ronaldo Kwateh Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jogja Debutan Termuda Timnas Indonesia

Jum'at, 28 Januari 2022 - 09:34 WIB
loading...
Ronaldo Kwateh Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jogja Debutan Termuda Timnas Indonesia
Ronaldo Kwateh Pemain Keturunan Indonesia Berdarah Jogja Debutan Termuda Timnas Indonesia/ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
A A A
Ronaldo Kwateh pemain keturunan Indonesia berdarah jogja memecahkan rekor debutan termuda di Timnas Indonesia senior. Ronaldo Kwateh memecahkan rekor Asnawi Mangkualam saat debut Timnas Indonesia membantai Timor Leste dengan skor 4-1 di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Kamis (27/1/2022).

Ronaldo Kwateh diturunkan pelatih Shin Tae-yong bersama Pratama Arhan dan Hanis Saghara di awal babak kedua. Ronaldo yang memakai nomor punggung 10 memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang melakoni debut bersama Timnas Indonesia senior di usia 17 tahun, 3 bulan, 8 hari.



Keputusan itu terbukti jitu setelah Ronaldo memberi umpan yang menghasilkan gol kepada Ricky Kambuaya di menit ke-64. Ricky Kambuaya berhasil mencetak gol lewat tendangan keras. Skor berubah 1-1. Timnas Indonesia akhirnya memetik kemenangan 4-1 atas Timor Leste.

Dalam usianya 17 tahun, 3 bulan, dan 8 hari saat FIFA Matchday kemarin, Ronaldo Kwateh resmi memecahkan rekor Asnawi Mangkualam. Rekor Asnawi terjadi saat menjalani debut Timnas Indonesia melawan Myanmar dalam usia 17 tahun, 5 bulan, dan 17 hari pada 21 Maret 2017.

Ronaldo Kwateh adalah pemain keturunan Indonesia berdarah Jogjakarta yang merupakan blasteran Indonesia-Liberia. Ibu Ronaldo yang bernama Citra Kusumawati berasal dari Bantul, Jogjakarta, Indonesia dan ayahnya Roberto Kwateh dari Liberia.
Striker yang berpostur 170 cm itu lahir di Bantul, 19 Oktober 2004 dan langsung mendapatkan statusnya sebagai warga negara Indonesia. Ronaldo mengawali akrier sepak bolanya bersama SSB Pendowoharjo, Bantul.



Namanya mulai terdengar sejak dia bergabung Persib Bandung U-16 pada 2019. Aksinya yang gemilang saat bersama Persib U-16 di Elite Pro Academy menjadi pintu Ronaldo memasuki Timnas Indonesia U-16 pada 2020. Ronaldo juga tercatat sebagai pemain termuda di Liga 1 bersama Madura United. Ronaldo menjalani debutnya bersama Laskar Sapeh Kerrap saat menang 2-1 atas PSS Sleman di Piala Menpora 2021.

Ronaldo menjadi pemain termuda Liga 1 saat berusia 16 tahun, 10 bulan, dan 15 hari saat memperkuat Madura United melawan Persikabo 1973 pada 3 September 2021. Ronaldo Kwateh berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) karena bersama ayah dan ibunya ia sudah tinggal di Indonesia sedari kecil.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5428 seconds (0.1#10.140)