Fisik pemain Maung Bandung di bawah standar

Kamis, 06 September 2012 - 14:18 WIB
Fisik pemain Maung Bandung di bawah standar
Fisik pemain Maung Bandung di bawah standar
A A A
Sindonews.com – Kondisi fisik pemain Maung Bandung - julukan Persib - menjadi perhatian serius tim pelatih dalam persiapan mereka menjelang kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2012-2013,November mendatang. Dari hasil metode couper tes yang diterapkan pelatih fisik saat latihan fisik di Lapangan Pusdik Armed, Cimahi, Rabu (5/9), para pemain masih berada di bawah standar atau baru mencapai angka 50. Padahal standarnya 55.

Pelatih fisik Dino Sefriyanto mengatakan, dari hasil tes awal yang digelar, Rabu (5/9), terungkap 2 dari 10 pemain saja yang memenuhi standar ketahanan fisik yang diharapkan. Tes awal yang digelar oleh jajaran pelatih Persib itu hanya diikuti 10 pemain.

Meskipun hanya 10 pemain, namun tes fisik yang dipimpin langsung pelatih fisik Dino Sefriyanto tetap berjalan sesuai rencana. “Selama off season lebih dari dua bulan yang jelas ada penurunan kondisi fisik pada pemain Persib. Tapi ini masih normal dan maaf saya tidak bisa bilang berapa persentasenya,” kata Dino kepada wartawan.

Menurut Dino, dengan dilakukannya tes fisik ini, tim pelatih memiliki catatan dari setiap pemain sebagai persiapan kompetisi musim depan. “Standar ukuran yang dipakai untuk menilai fisik seorang pemain bola di Indonesia yakni 58/ml/kg/menit. Sedangkan fisik dari 10 pemain yang diantara pemain tadi itu 50-53/ml/kg/menit saja. Padahal di Korea rata-rata mencapai 63/ml/kg/menit,” paparnya.

Dino sendiri berharap standar pemain Persib nantinya mencapai 55/ml/kg/menit. “Kerja Atep (gelandang) sayap yang membtuhkan standar yang tinggi tadi justru menurun. Dia harus di atas 57/ml/kg/menit,” sambungya.

Semenetara itu, lanjut Dino dirinya dan tim pelatih sudah membuat program baru untuk meningkatkan ketahanan fisik pemain. “Kita akan programkan latihan dengan memperbanyak aktivitas paru-paru di daerah ketinggian. Kami akan kerja keras di ketinggian nanti dengan memperbanyak cross country 7, 9 sampai 15 kilometer,” terangnya.

Lebih lanjut Dino menuturkan, selain tes awal aka nada tes akhir yang diprogramkan Persib. “Ada tes akhir nanti saat training center (TC). Pemain yang belum bergabung juga tetap akan mengikuti tes awal,” terangnya.

Bentuk tes tersebut, papar Dino, yakni dimulai dari latihan conditioning, tes lari 10 meter dan 20 meter, agility (kelincahan), speed (kecepatan) dan endurance (ketahanan). Sepuluh pemain yang mengikuti tes fisik adalah Cecep Supriyatna, Rizky Bagja, Maman Abdurahman, Hariono, Atep, Airlangga Sucipto, M Agung Pribadi, Sigit Hermawan, Aang Suparman, dan Shahar Ginanjar.

Sedangkan satu hari sebelumnya, pada saat cek medis, diikuti 12 pemain. Empat pemain yakni Abanda Herman, Jajang Sukmara, Tony Sucipto, dan Asri Akbar yang sebelumnya mengikuti cek medis tidak terlihat pada tes fisik sore itu. Abanda, Tony dan Asri Akbar absen karena urusan pribadi. Sedangkan Jajang Sukmara tidak bergabung karena pemain muda tersebut bertolak ke Jakarta guna memenuhi panggilan timnas Indonesia versi PSSI-KPSI.

Sedangkan bagi para pemain yang mengikuti seleksi timnas yakni Jajang Sukmara, I Made Wirawan, Firman Utina, Supardi dan Muhammad Ridwan tidak akan mengikuti tes awal dan juga tes akhir. “Kecuali untuk pemain yang masuk timnas, saya komunikasikan dengan Alfred Riedl (pelatih timnas) dan Wolfgang Pikal (asisten pelatih) untuk tolong diperhatikan. Mereka yang disana akan mengikuti tes sesuai metode yang ada,” katanya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5431 seconds (0.1#10.140)