Doa Pendek Setelah Sholat Berikut Bacaan Latinnya

Minggu, 30 Januari 2022 - 17:29 WIB
loading...
Doa Pendek Setelah Sholat Berikut Bacaan Latinnya
Berzikir dan berdoa setelah sholat merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Foto/dok SINDOnews
A A A
Berdoa setelah sholat termasuk amalan yang dianjurkan Nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Berikut doa pendek setelah sholat berikut bacaan latinnya.

Dalam Hadis yang diriwayatkan Imam Abu Dawud, dari Mu'adz bin Jabal, sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam (SAW) menarik tangan Mu'adz seraya berkata: "Wahai Mu'adz, demi Allah sesungguhnya aku sangat menyayangimu, demi Allah sungguh aku sangat menyayangimu. Aku pesankan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai sholat, engkau ucapkan: "Ya Allah, tolonglah aku agar mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu dan beribadah dengan ibadah yang baik kepada-Mu."

Doa Pendek Setelah Sholat

1. Istighfar 3 Kali
2. Membaca kalimat Tauhid 3 Atau 7 Kali

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدٌ يُحْيِ وَيُمِتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قدِرْ

Laa ilaha illallahu wahdahu la Syarikalahu lahul-Mulku wa lahul-hamdu yuhyi wayumitu wa Huwa 'ala kulli Syai'in Qadir.

Artinya: Tidak ada Tuhan selain Allah, Zat yang Maha Tunggal yang tidak mempunyai sekutu, bagi-Nya kerajaan dan pujian, Yang menghidupkan dan Yang mematikan, Dia-lah yang mempunyai kekuasaan.

3. Membaca Doa Keselamatan

اَللَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ وَمِنْكَ السَّلاَمُ وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلاَمُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلاَمِ وَأَدْ خِلْنَ الْجَنَّةَ دَارَ السَّلاَمِ تَبَرَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَا لَيْتَ يَاذَالْجَلاَلِ وَالْأِ كْرَامِ

Allahumma Antas Salam wa minkas Salam wa ilaika ya'udus Salam fa hayyina Rabbana bis Salam wa adkhilnal-jannata daras-Salam Tabarakta Rabbana wa ta'alaita ya Dzaljalali wal-Ikram.

Artinya: "Ya Allah, Engkau adalah Zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari-Mu kesejahteraan itu kepada-Mu akan kembali lagi segala kesejahteraan itu. Ya Tuhan kami, hidupkanlah kamu dengan sejahtera. Masukkanlah kami kedalam surga kampung kesejahteraan. Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak dan Engkaulah Yang Maha Tinggi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan."

Setelah itu membaca Dzikir Tasbih 33 Kali, Tahmid 33 Kali, Takbir 33 Kali. Ditutup dengan Kalimat Takbir dan Hauqalah 1 Kali.

Kemudian Berdoa:

أَعُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ, بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

A'udzubillahi Minasy-Syaithonir Rojiim. Bismillahir Rahmanir Rahiim.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk. Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

لْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Alhamdulillaahi Robbil 'Aalamiin. Hamdan Yuwaafii Ni'amahu wa Yukaafi-u Maziidah. Yaa Robbanaa lakal hamdu wa lakasy syukru kamaa Yanbaghii Lijalaali wajhika wa 'azhiimi Sulthoonik.

Artinya: "Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami, bagi-Mu-lah segala puji, dan bagi-Mu-lah segalah syukur, sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu."

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli 'ala Sayyidina Muhammad wa 'ala alihi Sayyidina Muhammad

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah shalawat (rahmat) kepada Nabi Muhammad dan juga kepada keluarga Nabi Muhammad."


اللَّهُمَّ أَعِنِّى عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَـقَـبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْ عَنَا وَسُجُوْدَنَا وَقُعُوْدَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشُّوْ عَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَ نَا يَا اَلله يَا رَبَّ الْعَا لَمِيْنَ

رَبَّنَا غْفِرْلَنَا وَلِوَالِدِيْنَ وَلِجَمِيْعِ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ أَلْأَ حْيَآءِمِنْهُمْ وَاْلأَ مْوَاتِ
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1470 seconds (0.1#10.140)