Kekuatan 62 juta euro PSG

Kamis, 20 September 2012 - 10:29 WIB
Kekuatan 62 juta euro PSG
Kekuatan 62 juta euro PSG
A A A
Sindonews.com – Dana sebesar 62 juta euro jadi pembeda nasib dua klub yang melakoni matchday 1 Liga Champions 2012/2013. Paris St Germain (PSG) menandai kehadirannya kembali di pentas tertinggi Eropa berpesta gol. Sementara kekuatan lama AC Milan gagal berjaya.

Uang sebesar itu berperan dalam menentukan peruntungan PSG dan Milan.Dibantu Zlatan Ibrahimovic dan Thiago Silva,yang direkrut dari Milan pada musim panas lalu,Les Parisiens— julukan PSG—tanpa kesulitan menaklukkan Dynamo Kiev 4-1 di Parc des Princes,Selasa (18/9). Hasil ini membawa pasukan Carlo Ancelotti memuncaki Grup A.Mereka unggul produktivitas gol ketimbang FC Porto yang membungkam Dinamo Zagreb 2-0 di Maksimir.

Ibrahimovic dan Silva berperan besar terhadap kesuksesan PSG.Masing-masing menyumbang satu gol.Alex dan Javier Pastore melengkapi kemenangan tuan rumah,dengan tim tamu menciptakan gol hiburan melalui Miguel Veloso.“Saya sangat bahagia.Laga pembuka tidak pernah mudah.Namun,anakanak menunjukkan kesiapannya.Kami optimistis menyambut partai kedua versus Porto. Mereka memiliki tantangan berbeda,”kata Ancelotti,dikutip situs resmi UEFA.

Mengandalkan Ibrahimovic dan Silva,PSG memang boleh percaya diri menatap partisipasi mereka di Liga Champions.Mereka boleh yakin dapat memperbaiki catatan pada penampilan terakhir musim 2004/2005.Ketika itu,PSG langsung terhenti pada fase grup. Les Parisiens bahkan juga bisa mengejar mimpi mengulang prestasi pada 1994/1995. Dipimpin George Weah,PSG sukses melaju hingga semifinal.Perjuangan berat tentu menanti mengingat persaingan kompetisi saat ini jauh lebih ketat ketimbang dua dekade silam.Tapi,tidak ada alasan PSG tidak mampu menyamai atau bahkan melampaui torehan tersebut.

“PSG punya kualitas dan kapasitas untuk bersinar di Liga Champions.Penampilan tadi buktinya.Tim ini masih muda karena banyak pemain baru berdatangan.Kami pasti terus membaik seiring berjalannya waktu,”kata Ibrahimovic. Berbeda dengan PSG,kepergian Ibrahimovic dan Silva masih membayangi performa Milan pada awal musim.Kehilangan dua bintang bernilai 62 juta euro (Ibrahimovic 20 juta,Silva 42 juta) itu terbukti begitu memengaruhi penampilan.

Terbukti,pasukan Massimiliano Allegri kembali gagal memetik hasil maksimal. Setelah dipukul Atalanta 0-1 akhir pekan,kali ini Milan tidak dapat menembus pertahanan Anderlecht pada duel Grup C.Harus puas bermain 0-0, I Rossoneri—julukan Milan—mesti merelakan posisi puncak klasemen ke Malaga, yang mengecundangi Zenit St Petersburg 3-0 di La Rosaleda. Hasil ini sekaligus menjelaskan posisi Milan pada peta persaingan Eropa.Memiliki reputasi sebagai salah satu tim terbesar di dunia,mereka mengalami penurunan penampilan dalam beberapa tahun belakangan.

Krisis ekonomi jadi salah satu alasan.Milan tidak mampu membeli bintang-bintang terbaik. Juara Italia 18 kali itu justru mesti melego pemain andalan mereka,dimulai dari Andriy Shevchenko,Kaka,hingga Ibrahimovic dan Silva.Musim ini mereka juga melepas Alessandro Nesta,Filippo Inzaghi,Gianluca Zambrotta,Gennaro Gattuso,Mark van Bommel, Clarence Seedorf,dan Antonio Cassano.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9485 seconds (0.1#10.140)