Mendapat Cuan Jualan Foto, Bagaimana Prospek ke Depan Bisnis di NFT?

Selasa, 01 Februari 2022 - 17:42 WIB
loading...
Mendapat Cuan Jualan Foto, Bagaimana Prospek ke Depan Bisnis di NFT?
Fenomena berjualan foto diri yang dilakukan Sultan Gustaf Al Ghozali di marketplace non-fungible token (NFT) OpenSea mendadak viral. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Fenomena berjualan foto diri yang dilakukan Sultan Gustaf Al Ghozali di marketplace non-fungible token (NFT) OpenSea mendadak viral. Banyak orang mulai warga biasa hingga artis mengikuti jejak Ghozali untuk mendapatkan cuan dari dunia maya tersebut. Ada yang berjualan foto, lukisan, lagu, hingga video. Bagaimana proses ke depan bisnis di NFT tersebut? Ikuti berita-beritanya di News RCTI+.

Sultan Gustaf Al Ghozali punya nama bekel Ghozali Everyday. Kemampuannya dalam meraup miliran rupiah dari berjualan foto selfie di marketplace non-fungible token (NFT) OpenSea, menginspirasi berbagai kalangan untuk juga mencari peruntungan serupa di jagad maya. Bayangkan saja. Ghozali adalah pemuda berusia 22 tahun asal Semarang yang sosoknya biasa-biasa saja. Bukan artis apalagi selebgram yang berwajah tampan. Namun dia sukses menjual 933 foto selfienya. Nilainya sangat fantastis, mencapai sekitar Rp12 miliar hanya dalam tempo satu bulan.

Foto selfie yang dibuat Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang ini merupakan swafoto yang dipotret setiap hari dalam kurun waktu 2017-2021. Dari menjual foto-foto selfie-nya itu, Ghozali mendapat royalty sebesar Rp1,7 miliar. Kabar terakhir, Ghozali membayar pajak atas cuan yang diperolehnya tersebut.

Fenomena Ghozali ini menjadi viral dan banyak diikuti berbagai kalangan. Salah satunya, Dewa Wibisono. Bocah yang baru duduk di kelas 4 SD ini juga berhasil menjual karyanya berupa gambar di marketplace NFT. Pembeli dari gambar karya anak laki-laki berusia 10 tahun. Cukup mengejutkan.

Gambar yang dihasilkan Dewa sebenarnya tidak terlalu istimewa. Seperti gambar layaknya anak-anak yang masih duduk di bangku SD. Lukisannya dihargai Rp3.000 hingga Rp4.000 per gambar. Tapi keberanian dan keberhasilannya membuka toko di dunia maya, membuat bocah yang tinggal di Pringsewu Lampung ini mendadak terkenal seantero negeri.

Tak hanya masyarakat biasa, para tokoh dan selebritas juga ikutan nimbrung berjualan di NFT. Kisah Anang Hermansyah bisa jadi salah satu contohnya. Musisi dan produser musik ini meluncurkan NFT bernama ASIX Token. Token kripto Anang Hermansyah ini pun habis terjual hanya dalam tempo satu menit saat private sell pada 27 Januari 2022. Sebagai informasi penjualan NFT di OpenSea atau marketplace lain bisa berupa gambar, foto, lukisan, video, lagu dan lain-lain.



Sebelumnya pada Desember lalu, penyanyi kondang Syahrini juga ikutan menjual NFT karya digitalnya yang diberi nama Syahrini's Metaverse Tour. Istimewanya, NFT berbentuk dirinya dengan hijab berlatar belakang berbagai tempat itu laris manis dan sold out dalam waktu singkat.

Total ada 17.800 item NFY yang dijual dengan harga satuan 20 Binance USD/BUSD atau setara Rp287 ribu. Suami dari Reino Barack ini tak menduga, NFT nya bakal laris terjual dalam waktu singkat. Ke depan Syahrini dan Reino tampaknya akan semakin serius berbisnis di NFT.

Masih banyak lagi tokoh dan selebriti yang bermain NFT, sebut saja Luna Maya hingga Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil. Ridwan Kamil berhasil menjual lukisan seniman di Kawasan Braga di NFT dengan harga 8 kali lipat. Harganya biasanya hanya Rp500.000 bisa terjual Rp4,2 juta.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1556 seconds (0.1#10.140)