alexametrics

Jabar siap jadi tuan rumah PON 2016

loading...
Jabar siap jadi tuan rumah PON 2016
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan/ Ist
A+ A-
Sindonews.com - Setelah provinsi Riau berkesempatan menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII, kini giliran provinsi Jawa Barat tengah menyiapkan diri menjadi tuan rumah PON XIX pada 2016 mendatang. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan pun mengaku telah mempersiapkan seluruh kebutuhan PON.

“Insya Allah. Sekarang semuanya sedang dalam persiapan. Mulai dari pembenahan gedung dan venue olahraga yang akan dikompetisikan dalam PON mendatang,” ujar Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan kepada wartawan di Depok, Minggu (23/9).

Ia mengatakan persiapan tersebut akan mulai dilakukan pada awal 2013. Ia optimis dapat menjadi tuan rumah yang baik dalam PON mendatang.“Umumnya gelanggang olahraga yang saat ini dimiliki Jawa Barat rata-rata dibangun pada era 1960-an. Sehingga beberapa bangunan,kondisinya memang perlu diperbaiki,” katanya.

Dirinya mengungkapkan untuk memperbaiki sarana olahraga tersebut diperlukan anggaran yang tak sedikit. “Nilainya bukan miliaran lagi, namun sudah triliunan. Anggarannya bisa didapat dari pemerintah pusat dan pemerintah provinsi,” ungkap Aher.

Aher juga mengaku bangga bahwa Jabar menjadi runner up pada PON kemarin di Riau. Kedepan, kata dia, pembinaan atlet juga akan terus dilakukan. “Saya bersyukur PON tahun ini ,Jawa Barat sudah berhasil menjadi juara kedua. Saya yakin, PON mendatang kami siap menjadi tuan rumah, karena pada PON III yakni 1961, Jawa Barat pernah menjadi tuan rumah,” ujarnya.

Aher juga, menjamin pelaksanaan PON XIX/2016 di Jabar akan lebih baik dan dipastikan penyelenggaraannya hanya di satu provinsi. "PON XIX/2016 di Jabar dijamin lebih baik dan lebih siap karena punya perangkat pertandingan yang lebih pengalaman dan mempersiapkan pembangunan infrastruktur sejak awal. Kami pastikan penyelenggaraanya hanya di satu provinsi yakni di Jabar," tambahnya.

Provinsi Jawa Barat, mempunyai pengalaman dari sejumlah provinsi yang telah bertindak sebagai tuan rumah PON mulai dari Jatim, Sumsel, Kaltim dan terakhir Riau. “Mereka bisa, Jawa Barat harus lebih bisa lagi. Saatnya membuktikan kepada provinsi lain. Jika jadi diselenggarakan di sini, sarana olahraga tentu akan menjadi lebih baik. Bisa dilihat daerah lain yang pernah menjadi tuan rumah PON, kini memiliki gedung olahraga yang terbaik,” jelas Aher.

Terkait adanya wacana menggelar PON di dua provinsi dalam rangka mempercepat pembangunan infrastruktur olahraga dan menjamin kesiapan penyelenggaraan PON, Heryawan menyatakan tidak untuk Jawa Barat. "Bila ada wacana PON digelar di dua provinsi silakan saja kami akan mendukungnya, silakan saja, namun setelah Jabar menjadi tuan rumah PON XIX/2016," katanya.

Menurut Heryawan, Jawa Barat telah mendapatkan SK penunjukkan sebagai tuan rumah penyelenggaraan PON XIX/2016 dan kesiapan Jabar untuk menjadi tuan rumah tunggal sudah menjadi komitmen provinsi itu. “Menjadi tuan rumah PON XIX/2012 di satu provinsi merupakan komitmen Jabar,” tandasnya.
(akr)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak