alexametrics

IOCC beri kesempatan belajar dari GM dunia

loading...
IOCC beri kesempatan belajar dari GM dunia
Ilustrasi / ist
A+ A-
Sindonews.com – Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) akan mengadakan Turnamen Indonesia Open Chess Championship (IOCC) 2012.Event itu diharapkan dapat meningkatkan atlet catur muda Indonesia dengan hadirnya Grand Master (GM) dunia.

Kesempatan Indonesia menyelenggarakan turnamen catur bertaraf internasional ini meneruskan kesuksesan IOCC,tahun lalu.Ketika itu,banyak pecatur dunia yang hadir dan memberikan pengalaman bagi para pecatur Indonesia.Pengalaman itu yang ingin kembali dipetik saat IOCC tahun ini diselenggarakan di Jakarta,10–17 Oktober 2012. Menurut Ketua PB Percasi Hasyim Djojohadikusumo,turnamen ini merupakan kesempatan pihaknya membina pecatur muda untuk lebih berkembang.

Apalagi,Percasi telah menyiapkan dua tujuan dengan adanya turnamen tersebut. Salah satunya adalah meningkatkan potensi pecatur muda Indonesia. ”Ini menjadi kesempatan bagi pecatur muda Indonesia bermain dengan pecatur berkaliber GM di dunia yang diakui Federation Internationale Des Echecs (FIDE),”kata Hasyim,kemarin.



”Kami ingin memaksimalkan semua tujuan saat bertindak sebagai tuan rumah.” Selain itu,para pecatur yang sudah bersedia hadir adalah para GM tingkat dunia yang memiliki nilai peringkat dunia (elo rating) 2.300 sampai 2.600-an.Dengan demikian,pemberlakuan syarat itu akan menjadikan IOCC sangat berimbang, menantang,dan tetap menjadi turnamen catur terbesar di Asia dari sekitar 10 turnamen internasional lain.

Diperkirakan akan ada sekitar 40 GM asing dan 50 pecatur dari Indonesia. Jumlah itu sudah termasuk 9 pecatur dengan elo rating 2.600 ke atas.Mereka memang sangat menantikan turnamen ini dan berharap turnamen seperti ini tetap diselenggarakan ke depannya.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak