Gol Berbau Handball Middlesbrough ke Gawang MU Tetap Disahkan, Ini Penjelasannya

Sabtu, 05 Februari 2022 - 09:30 WIB
loading...
Gol Berbau Handball Middlesbrough ke Gawang MU Tetap Disahkan, Ini Penjelasannya
Middlesbrough mencetak gol kontroversial ke gawang Manchester United (MU) pada putaran keempat Piala FA 2021/2022. Meski berbau handball, gol itu tetap sah. Foto: independent
A A A
MANCHESTER - Middlesbrough mencetak gol kontroversial ke gawang Manchester United (MU) pada putaran keempat Piala FA 2021/2022, Sabtu (5/2/2022) dini hari WIB. Meski berbau handball, gol itu tetap sah menurut peraturan terbaru yang diterapkan di kompetisi sepak bola Inggris.



MU harus menerima kenyataan kalah adu penalti 7-8 dari Middlesbrough di Old Trafford. Selama 120 menit laga tetap imbang 1-1. Tapi, seharusnya Setan Merah menang jika gol tim tamu di babak kedua tidak disahkan.

Peristiwa itu terjadi pada menit 64 ketika Matt Crooks menyamakan kedudukan menjadi 1-1 dengan golnya di mulut gawang MU yang membalas gol Jadon Sancho di babak pertama.

Namun, gol itu sempat mendapat sorotan, khususnya dari kubu MU. Ada yang menilai gol itu tidak sah karena sebelumnya terjadi pelanggaran.

Duncan Watmore melakukan handball sebelum memberikan assist kepada Crooks. Bola yang dikontrolnya dengan paha terlihat jelas memantul mengenai tangan kirinya.

Tapi, setelah melihat VAR, wasit Anthony Taylor tetap mengesahkan gol itu. Sebab, Watmore dianggap tidak sengaja menyentuh bola dengan tangannya dan dia bukan pencetak gol.

Meski terlihat kontroversial, keputusan wasit sudah tepat. Itu akibat perubahan peraturan handball pada musim ini yang diberlakukan Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB), sebagai badan yang membuat aturan dalam sepak bola.

Dalam peraturan terbaru itu, ada dua hal yang diubah. Yang pertama, mengenai penafsiran soal sengaja atau tidak disengajanya seorang pemain menyentuh bola dengan tangannya.

“Perubahan pertama berpusat pada penafsiran apa yang dimaksud dengan tindakan bola tangan yang disengaja. Wasit sekarang akan mencari tindakan yang disengaja atas nama pemain, dengan penekanan pada apakah tangan/lengan dalam posisi alami atau tidak,” tulis pernyatan resmi pihak Liga Inggris di laman resmi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)