Dedik Setiawan Beberkan Perbedaan Shin Tae-yong dengan Pelatih Eropa

Senin, 07 Februari 2022 - 21:02 WIB
loading...
Dedik Setiawan Beberkan Perbedaan Shin Tae-yong dengan Pelatih Eropa
Dedik Setiawan Beberkan Perbedaan Shin Tae-yong dengan Pelatih Eropa. Foto: Instagram
A A A
GIANYAR - Penyerang Timnas Indonesia, Dedik Setiawan, buka suara soal karakter kepelatihan Shin Tae-yong . Menurutnya, pelatih asal Korea Selatan itu punya ciri berbeda dibanding pelatih Eropa.

Dedik yang bermain untuk klub Arema FC sempat merasakan tangan dingin sejumlah pelatih, salah satunya yang sekarang Eduardo Almeida dari Portugal. Menurut Dedik, perbedaan paling menonjol adalah soal mobilitas pemain.

Baca Juga: Makin Terkenal, Pengikut Shin Tae-yong di Instagram Terus Naik

Di bawah asuhan Shin Tae-yong, kata Dedik, pemain diminta terus bergerak sambil membuat high press baik ketika menguasai bola maupun sedang kehilangan bola. Strategi ini diakui cukup menguras tenaga pemain.

“Coach Shin, dia permainannya beda dengan pelatih Eropa, kalo Coach Shin harus press keras, harus banyak lari, dia kan gaboleh diem sedikitpun, harus gerak terus,” kata Dedik, Minggu (6/2/2022).

Lebih lanjut, Dedik juga mengatakan faktor utama mengapa gaya bermain Shin Tae-yong takluk dari skema bermain pelatih Thailand, Alexandre ‘Mano’ Polking pada Piala AFF 2020 silam.

Menurutnya, kualitas pemain Timnas Indonesia masih berada di bawah Thailand, sehingga para pemain tidak dapat memaksimalkan skema permainan Shin Tae-yong pada laga tersebut.

“Thailand lawan terberat, temponya kapan menyerang kapan bertahan cukup bagus, kalau kita kan lebih di bawah dia (Thailand),” sambungnya.

“Kalau Thailand udah kaya mateng-mateng semua, kalo kita sedikit pegang bola langsung hilang,” ujarnya.

Usai Piala AFF 2020, Dedik kembali dipanggil Shin Tae-yong pada laga ujo coba internasional menghadapi Timor Leste akhir Januari silam. Bomber berusia 27 tahun itu tampil selama 45 menit pada laga pertama, 27 Januari 2022.

Namun, performa Dedik di Timnas Indonesia dan di Arema saat ini tengah menjadi sorotan. Kritik yang terus tertuju kepadanya semakin menjadi-jadi kala dirinya membuang peluang emas kontra Timor Leste.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)