Tidak Timbulkan Klaster Covid-19 Baru, Harapan ITDC di Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Kamis, 10 Februari 2022 - 06:30 WIB
loading...
Tidak Timbulkan Klaster Covid-19 Baru, Harapan ITDC di Tes Pramusim MotoGP Mandalika
Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer berharap MotoGP bisa meniru kesuksesan World Superbike (WSBK) yang tidak menimbulkan klaster Covid-19 baru / Foto: ITDC
A A A
LOMBOK - Direktur Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer berharap MotoGP bisa meniru kesuksesan World Superbike (WSBK) yang tidak menimbulkan klaster Covid-19 baru. Karena itu, sistem bubble yang diterapkan pada tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 diharapkan bisa efektif menekan angka penyebaran Covid-19.

Pada WSBK 2021, November lalu. Penerapan sistem bubble yang dilakukan panitia penyelenggara sukses menekan angka penyebaran Covid-19.

Saat itu, para pembalap dan kru harus menjalani karantina selama tiga hari di Jakarta sebelum berangkat ke Lombok. Sementara, sistem bubble yang diterapkan pada tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 berbeda.

BACA JUGA: Pembalap MotoGP Keluyuran di Lombok, ITDC Berikan Reaksi

Sistem ini diklaim lebih ketat karena para pembalap hanya bisa beraktivitas dalam tiga tempat, yakni hotel, tempat olahraga dan Sirkuit Mandalika. Meski memiliki sistem bubble yang berbeda, Abdulbar berharap tes pramusim MotoGP Mandalika 2022 bisa meniru kesuksesan WSBK 2021.

Tentu, hal itu dimaksudkan untuk menekan angka penyebaran Covid-19 di Tanah Air. “Kami juga belajar dari WSBK yang berhasil tidak menjadi klaster baru. Semoga MotoGP nanti bisa menerapkan standar yang sama sehingga tidak ada kasus yang baru lagi,” kata Abdulbar kepada awak media di Jakarta, Rabu (9/2/2022).

Meski demikian, beberapa permasalahan sempat muncul ke permukaan menjelang gelaran tes pramusim MotoGP Mandalika 2022, dimana para pembalap terlihat tidak patuh dengan sistem bubble. Atas dasar itu, Abdulbar mengatakan kegiatan yang dilakukan para pembalap itu sudah dalam pengawasan ketat dan berdasar pada hasil tes usap negatif.

BACA JUGA: Marquez Pamer Perut Kotak-kotak di Mandalika, Netizen: Mau Peluk Ayang dari Belakang!

“Jadi, kalau yang dilihat kemarin itu (Jalan-jalan) mereka sudah ada yang mengawasi. Mereka hanya boleh tempat olahraga, hotel dan sirkuit. Dan kalau ada yang berinteraksi itu sudah dalam pengawasan kita,” paparnya.

“Alhamdulillah kemarin (semua pembalap dan kru) di tes PCR dan hasilnya negatif,” pungkasnya.

Sementara itu, tes MotoGP Mandalika 2022 akan berlangsung selama tiga hari. Tes tersebut akan dilangsungkan di Sirkuit Mandalika, Indonesia pada 11-13 Februari 2022 mendatang.

(yov)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1113 seconds (10.177#12.26)