Sanksi Greysia-Meiliana dipangkas PBSI

Kamis, 25 Oktober 2012 - 11:25 WIB
Sanksi Greysia-Meiliana dipangkas PBSI
Sanksi Greysia-Meiliana dipangkas PBSI
A A A
Sindonews.com– Pengurus Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) memangkas sanksi yang dijatuhkan kepada pasangan ganda putri Greysia Polii-Meiliana Jauhari selama sebulan.

Awalnya,pasangan tersebut dihukum larangan bertanding hingga 3 Desember 2012. Namun,dengan pengurangan itu Greysia-Meiliana sudah bisa tampil mulai 3 November untuk semua pertandingan di bawah PBSI dan Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF). Greysia-Meiliana dihukum lantaran keduanya diduga melakukan tindakan tidak sportif,yakni tidak ingin menang atas lawannya asal Korea Selatan Ha Jung-eun/Kim Min-jung pada babak perempat final Olimpiade London 2012.

Tindakan itu dilakukan agar terhindar dari ganda terkuat dunia asal China Wang Xiaoli/Yu Yang di semifinal. Menurut mantan Sekretaris Jenderal PBSI Yacob Rusdianto,Greysia-Meiliana telah menjalani sanksi hampir 2,5 bulan.Selama itu keduanya menjalani hukuman dengan baik dan menyadari kekeliruan mereka.Selain itu,pasangan tersebut mengajukan permohonan remisi hukuman agar dapat kembali bertanding.

Permohonan tersebut ditindaklanjuti dengan berbagai pertimbangan dari pelatih dan pengurus PBSI.“Kami mempertimbangkan,ke depan mereka masih punya potensi. Mereka juga berkeinginan kuat membela Merah Putih. Karena itu,PBSI memberi diskon satu bulan potongan,”kata Rusdianto di Jakarta, kemarin dilansir Antara.

Keputusan tersebut,lanjut Yacob, diambil oleh pengurus demisioner PBSI, yakni sebelum kabinet PBSI di bawah kepemimpinan Gita Wirjawan diumumkan secara resmi.“Pengurus demisioner masih memiliki kewenangan menjalankan organisasi selama masa transisi. Artinya,itu tidak menyalahi aturan,”ujar Yacob.

Atas pengurangan sanksi tersebut,Greysia- Meiliana bisa tampil di Turnamen Super Series Hong Kong Open akhir November ini. Sementara dari Kejuaraan Bulu Tangkis Prancis Open,23–28 Oktober 2012,tunggal putra Indonesia Dionysius Hayom Rumbaka akan menghadapi lawan berat.Pada babak pertama,pebulu tangkis asal PB Djarum Kudus yang kini menempati peringkat 22 dunia akan menghadapi tunggal putra Thailand Boonsak Ponsana yang peringkatnya satu tingkat di atas Hayom (21 dunia).

Rekor pertemuan Hayom Rumbaka dengan Boonsak Ponsana adalah 1-1.Hayom kalah dari Boonsak saat di Singapura Terbuka 2012 (23-21,7-21,dan 18-21),sedangkan kemenangan Hayom atas Boonsak terjadi pada Hong Kong Open 2009 (22-20 dan 21-19). Tunggal putra Indonesia lainnya,Simon Santoso,menempati unggulan pertama dan akan bertemu pemain Malaysia Tan Seang Chun di babak pertama.

Jika menang,Simon akan bertemu pemenang Viktor Axelsen (Denmark) melawan Pablo Abian (Spanyol). Sony Dwi Kuncoro akan menghadapi pemain India Sourabh Varma di babak pertama.Jika menang,Sony akan menghadapi pemenang finalis Denmark Terbuka 2012 Du Pengyu (China) melawan Wong Wing Ki (Hong Kong).

Pada tunggal putri,pemain pelatnas asal Djarum Kudus Maria Febe Kusumastuti akan menghadapi pemain Bulgaria Linda Zetchiri (Bulgaria) di babak pertama. Kemudian Adrianti Firdasari akan menghadapi pemain Singapura Juan Gu di babak pertama.

Belaetrix Manupiti akan menghadapi lawan berat di babak pertama,yaitu unggulan keempat asal Jerman Juliane Schenk.Sementara Aprilia Yuswandari akan menghadapi tunggal putri Selandia Baru Michelle Chan Ky.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5192 seconds (0.1#10.140)