Lintasan Kotor dan Bahayakan Keselamatan Pembalap, Morbidelli Emoh Bersih-bersih Sirkuit Mandalika

Sabtu, 12 Februari 2022 - 14:02 WIB
loading...
Lintasan Kotor dan Bahayakan Keselamatan Pembalap, Morbidelli Emoh Bersih-bersih Sirkuit Mandalika
Franco Morbidelli mengaku tidak setuju dengan sikap pembalap MotoGP yang turut membersihkan lintasan Sirkuit Internasional Mandalika, saat menjalani tes pramusim, Jumat (12/2/2022) / Foto: Instagram Franco Morbidelli
A A A
LOMBOK - Franco Morbidelli mengaku tidak setuju dengan sikap pembalap MotoGP yang turut membersihkan lintasan Sirkuit Internasional Mandalika, saat menjalani tes pramusim , Jumat (12/2/2022). Menurutnya, seharusnya ketika debu dan pasir mulai mengotori lintasan pacuan kuda besi seharusnya tes tersebut dihentikan karena membahayakan keselamatan pembalap.

Tes pun sempat dihentikan lantaran Marshal tengah membersihkan permukaan lintasan. Tak lama berselang para pembalap kembali masuk ke dalam lintasan untuk melanjutkan tes pramusim.

Hasilnya Pol Espargaro berhasil menjadi yang tercepat pada tes hari pertama. Pembalap Repsol Honda itu mencatatkan waktu 1 menit 32.466 detik.

BACA JUGA: Tes Pramusim MotoGP Mandalika, hingga Pukul 10.00 WIB: Binder Tercepat, Marquez Melempem

Sementara seusai menjalani tes hari pertama, Morbidelli tampak tak senang dengan keputusan melanjutkan tes dengan keadaan lintasan kotor. Menurutnya pembalap tidak seharusnya membersihkan lintasan, Karena beralasan akan membahayakan pembalap dan bisa berakibat kecelakaan.

“Faktanya adalah bahwa pebalap tidak seharusnya melakukan pekerjaan ini. Mereka tidak seharusnya membersihkan trek ini,” kata Morbidelli dilansir dari Motorsport internasional, Sabtu (12/2/2022).

“Berbahaya mengendarai motor di tanah dengan motor MotoGP. Ini sangat berbahaya, itu berbahaya. Tidak ada yang ingin keluar jalur," imbuh Morbidelli.

BACA JUGA: Parodikan Emak-Emak Bonceng Empat Anak Sekolah Pakai Motor di Lombok, Aleix Espargaro: Don’t Try at Home!
Di sisi lain, pembalap asal Italia itu menilai Ducati memutuskan melanjutkan tes meski lintasan kotor karena memiliki perbedaan dengan Yamaha. Ia menilai Desmosedici sebagai motor yang aman meski lintasan kotor, tetapi berbeda dengan tim lain yang memilih menunggu lintasan bersih.

“Ducati adalah motor yang memiliki banyak grip, juga hari ini saya pikir kita telah melihat sekali lagi jika Anda mencoba membaca apa yang terjadi hari ini kita telah melihat perbedaan antara motor. Kami melihat banyak pembalap Ducati yang berkendara saat ada kotoran di lintasan," tuturnya.



“Mereka memutuskan cukup aman untuk pergi ke sana dan membersihkan trek, sementara untuk beberapa pembalap lain tidak demikian. Mereka menunggu sedikit lebih lama, tapi untungnya beberapa pembalap Ducati, beberapa pembalap KTM keluar jalur, yang menurut saya adalah motor dengan cengkeraman mekanis paling banyak," sambungnya.

Sementara itu, Morbidelli tidak masuk kedalam 10 besar di tes pramusim hari pertama. Ia hanya menempati posisi ke-12 dengan catatan waktu 1 menit 33.518 detik.
(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)