Transformasi Tubuh Amir Khan: Si Kurus Menjelma Juara Dunia Tinju

Kamis, 17 Februari 2022 - 09:13 WIB
loading...
Transformasi Tubuh Amir Khan: Si Kurus Menjelma Juara Dunia Tinju
Transformasi Tubuh Amir Khan: Si Kurus Menjelma Juara Dunia Tinju/The Sun
A A A
Di dalam transformasi tubuh Amir Khan yang luar biasa selama 20 tahun dari anak kurus di Olimpiade menjadi juara dunia tinju bersatu yang hebat. Amir Khan masuk ke kancah tinju Inggris sebagai remaja berwajah imut dan awet muda.

Pahlawan tinju Bolton mengharumkan Inggris pada usia 17 saat ia membawa kembali medali perak di Olimpiade Athena 2004. Modal medali perak membuatnya siap untuk karier blockbuster. Berikut perjalanan karier Amir Khan dari Olimpiade hingga menjelma menjadi juara dunia.



Perak Olimpiade 2004
Amir Khan adalah satu-satunya perwakilan tinju Tim Inggris (GB) di Yunani dan harapan bangsa hanya ada di pundaknya. Tapi dia melakukan yang tak terpikirkan dan mencapai final kelas ringan, kalah dari juara asal Kuba Mario Kindelan. Amir Khan akan membalas kekalahan itu setahun kemudian, dalam pertandingan ulang amatir televisi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang ditonton oleh enam juta di ITV. Dia menjadi profesional segera setelah itu dan sudah menjadi bintang.

Kelas Ringan
Amir Khan menjadi profesional pada batas kelas ringan 61,3 kg dan dengan cepat promosi. Dia berada di jalur untuk penghargaan gelar dunia sampai kekalahan mengejutkan 2008 dari Breidis Prescott yang tidak dikenal.

Prescott mencetak KO yang menakjubkan di ronde pertama dan memunculkan tanda tanya mengenai kekuatan dagu Khan. Khan kembali dengan dua kemenangan lagi di kelas ringan, tetapi kemudian naik ke kelas welter ringan.

Kelas Welter Ringan
Pertarungan pertamanya di divisi 63,5 adalah perebutan gelar dunia melawan Andreas Kotelnik dari Ukraina untuk gelar WBA di M.E.N, Manchester pada 18 Juli 2009. Ini membuktikan salah satu penampilan terbesar Khan yang pernah ada, menunjukkan kecepatan yang mempesona untuk memenangkan sabuk juara dunia dengan kemenangan angka mutlak 12 ronde.

Khan akan melanjutkan untuk memiliki delapan pertarungan lagi untuk menyatukan gelar dengan kemenangan atas legenda Amerika Zab Judah. Namun kekalahan dari Lamont Peterson - yang gagal dalam tes narkoba pasca-pertarungan - dan Danny Garcia - dengan KO brutal - membuat berat badan Khan naik segera setelahnya.

Mengejar pertarungan super dengan ikon tinju Floyd Mayweather dan Manny Pacquiao, Khan naik hingga 66,6 kg. Tapi dia gagal dalam pengejaran itu, meskipun berbagi ring dengan orang-orang seperti Luis Collazo, Devon Alexander dan Chris Algieri.

Satu-satunya kekalahan Khan pada bobot terjadi pada 2019 melawan juara WBO saat ini Terence Crawford. Meskipun bertahun-tahun saling serang verbal. Khan juga tidak dapat menyetujui persyaratan dengan musuh bebuyutannya, Kell Brook, meskipun keduanya berbagi kelas yang sama.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1119 seconds (0.1#10.140)