alexametrics

Lepas saham di McLaren, Daimler kuasai Mercedes

loading...
Lepas saham di McLaren, Daimler kuasai Mercedes
Michael Schumacher ketika membela tim Mercedes musim ini/Doc
A+ A-
Sindonews.com - Perusahaan otomotif asal Jerman, Daimler memastikan kepemilikan penuh atas tim Formula Satu (F1) Mercedes musim depan. Kepastian ini setelah membeli 40% saham tim dari Aabar Investments PJSC yang merupakan perusahaan investasi bermarkas di Abu Dhabi.

Ketika melakukan transaksi itu, Daimler terpaksa harus melepas 40% sahamnya di McLaren. Namun, tim ini justru menandatangani kesepakatan komersial bersama Mercedes untuk memulai persaingan di F1 sampai 2020.

Dia berharap tim ini bisa tampil lebih baik musim depan setelah merekrut mantan juara dunia Lewis Hamilton dengan durasi kontrak tiga tahun senilai 45 juta pounds. Dua perusahaan itu sudah bergabung sejak akhir 2009, saat membeli tim Brawn GP.



Hasilnya, mereka sukses mengantar Jenson Button menjadi juara dunia sekaligus meraih gelar konstruktor. Namun, setelah itu,mereka mengubah namanya menjadi Mercedes atau tim pabrikan penuh sama seperti Ferrari. Sebelumnya, Aabar dan Daimler bersama-sama membeli hak 75% saham di tim yang dikomandani Ross Brawn itu.

Pada awal 2011,Daimler membeli 25% saham tersisa di pabrikan itu.Karena itu,dengan keluarnya Aabar, membuat Daimler sekarang menguasai 100% saham. Aabar memiliki saham 40% setelah membeli pertama ke tim Brawn GP pada tahun.

Tim ini berganti nama menjadi Mercedes untuk awal musim 2010. Namun, prestasi yang diraih tim tersebut sejak berganti nama menjadi Mercedes, hanya baru sekali menjuarai seri di China lewat pembalap Jerman Nico Rossberg.

Sementara itu, juara dunia tujuh kali Michael Schumacher yang diharapkan bisa mengulang suksesnya di ajang jet darat tersebut, gagal bersinar di sana. Bahkan, mereka harus terdampar di posisi kelima dan mengumpulkan 136 poin pada musim ini. Yang jelas, dengan kepemilikan barunya pada musim depan, tim ini akan semakin kuat dengan datangnya juara dunia 2008, Lewis Hamilton.

Dia akan menggantikan Schumacher. Namun, pembalap asal Inggris itu berharap bisa membawa Mercedes meraih prestasi lebih baik dibandingkan musim ini yang gagal bersaing dengan tim lain.

”Sekarang saatnya bagi saya untuk mengambil tantangan baru dan saya sangat bersemangat untuk memulai lembaran baru dengan membalap bersama Mercedes,”kata Hamilton, dilansir supersport.”Kami akan bersama-sama membangun tim ini tumbuh dan bisa mencapai ambisi untuk meraih gelar juara dunia,”ujarnya.
(aww)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak