Percasi Sumsel kembangkan Akademi Catur

Senin, 03 Desember 2012 - 23:10 WIB
Percasi Sumsel kembangkan Akademi Catur
Percasi Sumsel kembangkan Akademi Catur
A A A
Sindonews.com - Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Sumatera Selatan membuka Akademi Catur Sumsel. Dengan cara ini diharapkan dapat menciptakan atlet yang andal dan mampu mengharumkan nama daerah baik di tingkat nasional maupun internasional.

Ketua Pengprov Percasi Sumsel Badrullah Daud Kohar melalui Kepala Bidang Pembinaan Catur Sekolah Pengprov Percasi Sumsel, Master Fide (MF) Zuherman Eddy mengatakan, meski akademi ini belum diluncurkan. Namun sejak Desember hingga Januari 2013 mendatang sudah mulai dilakukan seleksi calon siswa.

"Semua ini merupakan program Pengprov Percasi Sumsel sebagai langkah untuk mencetak atlet masa depan. Untuk tahap awal minimal 30 siswa dan setiap kabupaten/kota disediakan kuota 2 orang dengan usia 15 tahun ke bawah dan setiap siswa akan di asramakan," katanya.

Dirinya menjelaskan, nantinya untuk pelajar akan dilakukan kerjasama dengan pihak sekolah sebagai izin mengikuti turnamen dan di Akademi Catur Sumsel tersebut siswa tidak hanya dilatih olahraga catur tetapi juga bahasa Inggris, komputer dan matematika.

"Semua itu dimaksudkan agar para siswa akademi catur ini lebih percaya diri, memiliki mental yang kuat dan lebih tenang dalam berlatih. Sebab, akan dilengkapi dengan laboratorium catur, jadi selain manual, bisa juga belajar melalui komputer yang tentunya memiliki tingkatan," jelasnya.

Menurutnya, untuk penerimaan siswa baru ini akan dilakukan beberapa tahapan seleksi, di antaranya psikotes dengan bantuan psikiater dengan skor atau nilai IQ minimal 130. Serta, sepanjang masa pendidikan juga diterapkan sistem degradasi dan promosi.

"Dalam pelaksanaannya nanti, setiap peserta didik akan mendapatkan pengawasan dan terus dilakukan uji coba melalui kompetisi. Jika memang tidak ada perubahan, maka bisa saja tersingkir atau sebaliknya naik ke level berikutnya," imbuhnya.

Sedangkan mengenai lounching Akademi Catur Sumsel tersebut, Zuherman menuturkan baru akan digelar Februari mendatang. Bersamaan dengan turnamen catur beregu Piala Gubernur Sumsel, seluruh Indonesia. Untuk kategori master, non master, wanita dan junior putra/putri usia 16 tahun ke bawah.

"Launchingnya dilangsungkan serentak dengan pelaksanaan turnamen catur beregu piala Gubernur dan saat itu proses seleksi peserta didik juga sudah selesai," tuturnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)