Imbas Invasi ke Ukraina, Balapan Formula 1 Batal Digelar di Rusia

Jum'at, 25 Februari 2022 - 20:34 WIB
loading...
Imbas Invasi ke Ukraina, Balapan Formula 1 Batal Digelar di Rusia
Imbas Invasi ke Ukraina, Balapan Formula 1 Batal Digelar di Rusia. Foto: frontstretch.com
A A A
SOCHI - Pihak penyelenggara Formula 1 (F1) mengumumkan pembatalan Grand Prix Rusia 2022 . Keputusan tersebut imbas konflik Rusia-Ukraina yang memanas.

Sebagaimana diketahui, Rusia tengah menggelar invasi ke wilayah Ukraina. Operasi militer tersebut membuat sejumlah instalasi publik lumpuh dan menelan korban jiwa.



Pihak Formula 1 dan FIA mempertimbangkan dampak dari yang dihasilkan dari gejolak perang. Mereka memutuskan untuk membatalkan rencana menggelar GP Rusia 2022.

Dalam kalender yang sudah terbentuk, F1 2022 akan menempatkan grand prix Rusia di jadwal ke-17. Tepatnya bakal digelar di Sochi pada 25 September 2022 mendatang.

“Kejuaraan Dunia Formula 1 FIA mengunjungi negara-negara di seluruh dunia dengan visi positif untuk menyatukan orang, menyatukan bangsa,” tulis statement itu di laman resmi F1, Jumat (25/2/2022).

“Kami menyaksikan perkembangan di Ukraina dengan kesedihan dan keterkejutan dan harapan untuk penyelesaian yang cepat dan damai untuk situasi saat ini,” lanjutnya.

“Pada Kamis malam Formula 1, FIA, dan tim membahas posisi olahraga kami, dan kesimpulannya adalah, termasuk pandangan semua pemangku kepentingan terkait, bahwa tidak mungkin menggelar Grand Prix Rusia dalam situasi saat ini,” tutup pernyataan itu.

Saat ini, para pembalap tengah menjalani sesi uji coba pramusim yang digelar di Barcelona, Spanyol. Mereka akan memulai balapan resmi pada 20 Maret di Sakhir, Bahrain.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1690 seconds (0.1#10.140)