Pecatur Surabaya target pertahankan juara umum

Senin, 17 Desember 2012 - 19:00 WIB
Pecatur Surabaya target pertahankan juara umum
Pecatur Surabaya target pertahankan juara umum
A A A
Sindonews.com - Jelang digelarnya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur IV, di Madiun, Juli mendatang, Pengurus Catur (Percasi) Surabaya melakukan persiapan matang. Salah satunya, menggelar seleksi atlet mulai 14-17 Desember.

Dalam seleksi diikuti sebanyak 26 pecatur, terdiri dari 14 pecatur putra dan 12 pecatur putri terbaik di Surabaya beradu kemampuan. "Nantinya 6 atlet catur putra dan 6 atlet putri bakal dipilih menjadi tulang punggung tim catur Surabaya di Porprov," ujar Ketua Percasi Surabaya, Didik Edi Susilo.

Sebanyak 26 pecatur yang diseleksi merupakan atlet yang tergabunda dalam program Siap Grakk KONI Surabaya ditambah pemenang Piala KONI Surabaya tahun ini. "Mayoritas atlet catur berumur sekitar 18 tahun. "Seleksi yang kita gunakan ini menggunakan sistem swiss 9 babak," tutur Didik.

Setelah seleksi, lanjut Didik, atlet yang terpilih, akan digodok lebih matang, termasuk di terjunkan diberbagai turnamen. "Bila ada kejuaraan mereka akan kita turunkan. Selain itu akan kita perbanyak uji coba dengan para pecatur yang levelnya lebih tinggi. Melawan master-master catur Surabaya," tandasnya.

Di Porprov 2011 silam di Kediri, kontingen catur Surabaya sukses menjadi juara umum. Para pecatur sukses mendulang tiga emas, empat perak dan dua perunggu. Medali itu disumbangkan dari pecatur putra satu emas, tiga perak dan satu perunggu. Sedangkan pecatur putri mempersembahkan dua emas, satu perak dan satu perunggu.

Nantinya di Porprov IV 2013 di Madiun, catur bakal memperebutkan sebanyak 12 emas. Yakni dari 3 nomor beregu putra dan putri, perorangan putra serta putri. "Target kita tetap bisa mempertahankan status juara umum. Lawan terberat kita adalah Sidoarjo, Pacitan, Malang dan Jember," pungkasnya.
(aww)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)