UEFA Pereteli Sponsor Asal Rusia: Sepak Bola Sepenuhnya Bersatu!

Selasa, 01 Maret 2022 - 09:31 WIB
loading...
UEFA Pereteli Sponsor Asal Rusia: Sepak Bola Sepenuhnya Bersatu!
Klub Bundesliga Schalke 04 menutup sponsor asal Rusia di kostum/Foto/Twitter/@brfootball
A A A
NYON - UEFA tak hanya resmi menangguhkan klub dan juga tim nasional Rusia berlaga di semua kompetisi. Badan Sepak bola Eropa itu pun memereteli sponsor asal Negeri Berung Merah tersebut.

"Hari ini UEFA telah mengakhiri kemitraannya dengan Gazprom di semua kompetisi," demikian pernyataan UEFA dalam laman resmi miliknya, Selasa (1/3/2022).



Gazprom merupakan perusahaan energi multinasional milik Rusia yang bermarkas di Lakhta Center, Saint Petersburg. Perushaan pimpinan Viktor Zubkov itu pemilik klub Liga Utama Rusia FC Zenit Saint Petersburg.

Mereka pernah menjadi sponsor utama Piala Dunia 2018 di Rusia, Liga champions, Liga Europa, dan sejumlah klub Eropa, termasuk klub Inggris Chelsea.



Keputusan UEFA terkait invasi Rusia ke Ukraina. UEFA dan FIFA telah memutuskan bersama bahwa semua tim Rusia, baik tim perwakilan nasional atau tim klub, akan ditangguhkan dari partisipasi di kedua tim dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut.

“Semua klub dan tim nasional Rusia diskors dari partisipasi dalam kompetisi FIFA dan UEFA hingga pemberitahuan lebih lanjut. Menyusul keputusan awal yang diadopsi oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, yang mempertimbangkan penerapan tindakan tambahan,” tambaha UEFA.

“Keputusan ini diadopsi hari ini oleh Dewan FIFA dan Komite Eksekutif UEFA, masing-masing badan pembuat keputusan tertinggi dari kedua lembaga mengenai hal-hal mendesak tersebut,” lanjutnya.

FIFA dan UEFA melakukan tindakan tegas ini sebagai bentuk solidaritas mereka kepada Ukraina. Kedua federasi tersebut sangat berharap bahwa konflik kedua negara itu bisa segera usai sehingga kembali berdamai.

“Sepak bola sepenuhnya bersatu di sini dan dalam solidaritas penuh dengan semua orang yang terkena dampak di Ukraina. Kedua Presiden berharap bahwa situasi di Ukraina akan membaik secara signifikan dan cepat sehingga sepak bola dapat kembali menjadi vektor persatuan dan perdamaian di antara orang-orang,” tandasnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1702 seconds (0.1#10.140)