Punya Sikap, Pemain Ukraina Yaroslav Rakitskiy Tinggalkan Liga Rusia

Kamis, 03 Maret 2022 - 07:06 WIB
loading...
Punya Sikap, Pemain Ukraina Yaroslav Rakitskiy Tinggalkan Liga Rusia
Pemain Ukraina Yaroslav Rakitskiy Tinggalkan Liga Rusia. Foto: IST
A A A
SAINT PETERSBURG - Pemain tim nasional Ukraina, Yaroslav Rakitskiy, hari ini resmi meninggalkan klub Rusia, Zenit St Petersburg . Bek 32 tahun memilih putus kontrak setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Kontrak Yaroslav Rakitskiy di klub Liga Rusia sebetulnya masih tersisa empat bulan ke depan. Namun, pemain kelahiran Pershotravens'k, Ukraina, Agustus 1989 memilih pamit lebih awal karena militer Rusia menyerang negaranya.

Baca Juga: Tottenham Hotspur Tersingkir dariPiala FA

Zenit St Petersburg mengumumkan telah melepas pemain yang sudah tiga tahun menjadi bagian terpenting dalam pertahanan klub. Menurut Sportsmole, Yaroslav Rakitskiy sudah melakoni 108 pertandingan bersama klub Rusia.

"Yaroslav Rakitskiy meminta untuk mengakhiri kontraknya lebih awal dan ini telah disetujui oleh klub. Kami dengan tulus berharap yang terbaik untuk Yaroslav, teman-temannya, dan keluarganya," demikian pernyataan Zenit St Petersburg, Kamis (3/3/2022).

Sebelum resign dari klub yang telah diperkuatnya sejak 2019, Yaroslav Rakitskiy pernah mengecam aksi militer Rusia. Tepat sebelum pertandingan melawan Real Betis di Liga Europa, Jumat 25 Februari 2022 lalu, Yaroslav Rakitskiy mengunggah foto bendera Ukraina dengan dibubuhi caption.

"Saya seorang Ukraina," tulis Yaroslav Rakitskiy di Instagram.

Aksi tersebut rupanya direspons serius oleh klub. Zenit St Petersburg mendadak mengambil keputusan untuk tidak memainkannya di laga kontra Real Betis yang berakhir dengan skor kaca mata. Setelah itu perang pecah, kemudian klub-klub di Liga Rusia -termasuk Zenit St Petersburg- dijatuhi sanksi oleh UEFA.

Yaroslav Rakitskiy kini berpeluang bergabung dengan klub sepak bola di luar Liga Rusia dengan status free transfer. Namun, mantan pemain FC Shakhtar Donetsk itu diyakini lebih memilih tugas membela negaranya di tengah invasi militer Rusia.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3219 seconds (0.1#10.140)