Marquez Keluhkan Winglet di Motor Honda: Bikin Sulit Menyalip dan Bermanuver

Jum'at, 04 Maret 2022 - 17:30 WIB
loading...
Marquez Keluhkan Winglet di Motor Honda: Bikin Sulit Menyalip dan Bermanuver
Marc Marquez (kedua kanan) keluhkan motornya menggunakan winglet/Foto/Twitter
A A A
LOSAIL - Marc Marquez mengungkap kelebihan dan kekurangan motornya yang menggunakan winglet atau sayap di bagian depan untuk MotoGP 2022 , seperti yang dilakukan Ducati dan Aprilia. Menurut Pembalap Repsol Honda itu, winglet membuat sulit menyalip pembalap di depannya.

Meski begitu, Marquez mengakui keseimbangan motor menjadi lebih bagus dengan winglet. Pembalap asal Spanyol itu mengungkapkan, ketika tiba di MotoGP pada 2013, tanpa adanya sayap membuatnya lebih mudah mengendarai motor. Marquez mengatakan ketika menyalip lebih mudah tanpa adanya sayap.



“Ketika tanpa sayap, sejujurnya, untuk pertunjukan itu lebih baik. Lebih mudah untuk menyalip, Anda lebih merasakan slipstream (manuver pembalap mengikuti pembalap di depannya dengan jarak yang cukup dekat) dan Anda merasa lebih," kata Marquez dilansir dari Crash, Jumat (4/3/2022).

Sementara Marquez mengakui adanya getaran ketika menyalip, tetapi tanpa sayap membuat lebih mudah menyalip dan dengan mudah menimbulkan kesalahan. Meski begitu, ia menjelaskan lebih mudah mengendari motor dan tak mudah untuk melakukan kesalahan saat balapan.



“Kini, (dengan winglet) saat Anda mengikuti pembalap lain, motornya bergetar dengan cara yang aneh. Tanpa winglet, lebih sulit mengendalikan motor dan lebih mudah membuat kesalahan. Namun, untuk menyalip juga lebih mudah," ucapnya.

“Sekarang lebih mudah untuk dikendarai dan lebih sulit membuat kesalahan, Anda harus berkendara dan mulus, tetapi untuk mengikuti pembalap lain itu jauh lebih sulit,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Honda memamerkan motor baru mereka untuk digunakan Marquez dan Pol Espargaro di MotoGP 2022. Dalam acara tersebut, Honda menampilkan desain motor yang berbeda.

Honda memasang Winglet atau sayap dibagian depan, seperti yang dilakukan Ducati dan Aprilia. Namun pemasangan sayap depan mendapatkan kritikan dari Marquez.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)