Geger Atlet Rusia Pakai Kostum Simbol Perang Z di Samping Pesenam Ukraina

Minggu, 06 Maret 2022 - 23:30 WIB
loading...
Geger Atlet Rusia Pakai Kostum Simbol Perang Z di Samping Pesenam Ukraina
Picu Murka! Atlet Rusia Pakai Kostum Bersimbol Perang Z Provokasi Pesenam Ukraina/The Sun
A A A
Atlet Rusia Ivan Kuliak memakai simbol perang 'Z' di podium medali di sebelah atlet Ukraina Illia Kovtun yang memicu amarah publik. Tak pelak, kaus yang dipakai Ivan Kuliak memantik kemarahan publik setelah mengenakan simbol 'Z' pro-perang saat berbagi podium dengan seorang atlet Ukraina di sebuah acara di Doha, Qatar.



Illia Kovtun dari Ukraina mengklaim kemenangan di palang paralel di Piala Dunia Senam Artistik di Qatar kemarin. Milad Karimi dari Kazakhstan mengamankan medali perak, dengan Ivan Kuliak dari Rusia meraih perunggu. Tapi ketika Kuliak naik ke podium, terlihat jelas bahwa dia memakai simbol 'Z' di kostumnya.

Pendukung Vladimir Putin terlihat mengenakan pakaian dan lencana dengan huruf 'Z' - merujuk pada dukungan mereka untuk invasi ke Ukraina. Simbol - yang mewakili frasa Rusia untuk kemenangan - telah terlihat di tank dan mesin pembunuh Putin yang memasuki Ukraina. Secara luas dianggap sebagai tanda yang melambangkan perang. Dan saluran TV yang didanai Kremlin Russia Today baru-baru ini dikecam karena menjual barang dagangan 'Z'.

Ketika Kovtun naik ke tangga teratas untuk menerima medali emasnya, dia berjabat tangan dengan Kazakh Karimi tetapi tidak mengakui Kuliak. Bereaksi terhadap upacara tersebut, seorang pengguna media sosial hanya mengatakan: "Menjijikkan."

Sementara yang lain menambahkan: "Rusia harus dilucuti dari penghargaan dan dilarang untuk jangka waktu tertentu."



Ukraina telah diserang selama 11 hari setelah keputusan Putin untuk menyerang negara itu. Hingga Sabtu, PBB telah mencatat setidaknya 752 korban sipil, dengan 227 tewas dan 525 terluka. Ukraina mengklaim sejauh ini telah menewaskan 11.000 tentara Rusia.

Badan-badan olahraga telah memberlakukan sanksi ketat terhadap Rusia - mengusir mereka dari sejumlah kompetisi besar termasuk Piala Dunia dan Olimpiade Musim Dingin Pesenam Rusia dan Belarusia dilarang dari kompetisi internasional tanpa batas pekan lalu dan pertemuan Doha adalah acara besar terakhir di mana mereka akan diizinkan untuk bersaing.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2213 seconds (0.1#10.140)