Petaka Nuklir Musnahkan Dunia, Vitali Klitschko: Stop Invasi Rusia Sekarang!

Rabu, 09 Maret 2022 - 07:49 WIB
loading...
Petaka Nuklir Musnahkan Dunia, Vitali Klitschko: Stop Invasi Rusia Sekarang!
Petaka Nuklir Ancam Dunia, Vitali Klitschko: Stop Invasi Rusia Sekarang!/The Sun
A A A
Vitali Klitschko memperingatkan dunia sedang menghadapi ancaman malapetaka nuklir dahsyat Chernobyl/Fukushima akibat perang Rusia vs Ukraina . Klitschko mengirimkan pesan mengerikan jika membiarkan tentara Rusia menyerang pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina.

Mantan juara tinju kelas berat Vitali Klitschko, yang sekarang menjadi wali kota Kiev, bersumpah tidak akan pernah menyerah kepada pasukan Rusia, yang merebut pabrik Zaporizhzhia.

Dalam tweet yang mengerikan, legenda tinju dunia itu memperingatkan: "Jika perang di Ukraina ini tidak dihentikan sekarang, dunia akan menghadapi petaka nuklir gabungan Chernobyl/Fukushima lainnya.''

"Ukraina memiliki 4 pembangkit listrik tenaga nuklir dan tentara Rusia menembakkan roket dan mengebom tepat di sebelahnya. Jangan berpaling, S invasi Rusia SEKARANG!!!"



Peringatan itu datang saat penduduk Kiev bersiap menghadapi gempuran dari artileri Rusia yang terletak di pinggiran kota. "Ribuan, sudah puluhan ribu tewas dalam perang melawan Ukraina ini. Dan sayangnya jumlah ini hanya akan bertambah," kata Klitschko kepada Reuters dari tempat penampungan di ibu kota, yang telah melihat setengah dari penduduknya mengungsi.

"Kami tidak akan menyerah. Kami tidak punya tempat untuk mundur. Situasinya tegang, orang-orang khawatir."
Pasukan Rusia mengambil alih pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di barat daya negara itu. Rekaman keamanan dari lokasi menunjukkan api dan asap bocor dari gedung-gedung.

Inspektorat Peraturan Nuklir Negara Ukraina memperingatkan pada hari Jumat bahwa sementara tidak ada perubahan radiasi yang telah didaftarkan, masih ada potensi risiko yang ditimbulkan oleh kerusakan fasilitas pendingin dan wadah penyimpanan bahan bakar bekas di lokasi tersebut.

Badan tersebut mengatakan hilangnya kemampuan pembangkit listrik untuk mendinginkan bahan bakar nuklir akan menyebabkan "pelepasan radioaktif yang signifikan ke lingkungan". Dikatakan peristiwa seperti itu mungkin "melebihi semua kecelakaan sebelumnya di pembangkit listrik tenaga nuklir," termasuk kecelakaan Chernobyl dan kecelakaan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2098 seconds (0.1#10.140)