Aduh! Kemenangan Petinju Indonesia Tibo Monabesa atas Jayson Vayson Tak Diakui WBC

Sabtu, 19 Maret 2022 - 12:09 WIB
loading...
Aduh! Kemenangan Petinju Indonesia Tibo Monabesa atas Jayson Vayson Tak Diakui WBC
Petinju Indonesia Tibo Monabesa (kanan) saat melawan Jayson Vayson di laga perebutan gelar juara WBC International kelas terbang ringan 48,9 kilogram di Jakarta, Minggu (27/2/2022). Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/YU
A A A
JAKARTA - Kemenangan petinju Indonesia, Tibo Monabesa, atas Jayson Vayson dari Filipina tidak diakui Dewan Tinju Dunia (WBC) . Asosiasi Tinju Indonesia (ATI) mengaku belum ambil sikap.

Tibo Monabesa mengalahkan Jayson Vayson dalam pertarungan 10 ronde di Holywings Gatsu Club V, Jakarta, Minggu (27/2/2022). Petinju asal Indonesia menang majority decision (MD) dengan selisih angka besar.

Lihat Foto: Tibo Monabesa Pertahankan Gelar Juara WBC International

Juri yang bertugas dalam perebutan gelar WBC International kelas terbang ringan (48,9kg) yakni Rocky Joe memberikan nilai 95-93 untuk Tibo Monabesa. Sementara Ricardo Simanungkalit memberi skor 95-94, dan Teguh Tambunan 94-94.

Namun, WBC tidak mengakui hasil pertandingan. Presiden WBC Mauricio Sulaiman mengirim surat ke Ketua Umum ATI Manahan Situmorang tertanggal 7 Maret 2022 yang meminta ATI mengkaji ulang hasil pertandingan.

WBC juga memberikan opsi untuk menerima keputusan badan tinju dunia ini dan mengubah hasil pertandingan menjadi No Contest untuk kemudian memberitahukannya kepada laman Boxrec

Menanggapi seruan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sekjen) ATI Esther Situmorang mengatakan pihaknya belum memberikan tanggapan kepada WBC. Esther menyebut pihaknya belum mengambil sikap karena Ketum ATI tengah jatuh sakit.

"Saat ini mohon maaf Pak Manahan dalam keadaan sakit dan tengah di ICU. Jadi tidak bisa hadir dan belum bisa merespons kepada WBC dalam waktu yang cepat," dikutip kantor berita Antara.

Meski begitu, Esther yang bertindak sebagai supervisor dalam laga Tibo versus Vayson menegaskan bahwa penilaian tiga hakim yang bertugas telah sesuai dengan regulasi.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5855 seconds (0.1#10.140)