Louis van Gaal Lempar Kritik Pedas ke FIFA Jelang Piala Dunia Qatar 2022

Selasa, 22 Maret 2022 - 23:01 WIB
loading...
Louis van Gaal Lempar Kritik Pedas ke FIFA Jelang Piala Dunia Qatar 2022
Louis van Gaal Lempar Kritik Pedas ke FIFA Jelang Piala Dunia Qatar 2022. Foto: IST
A A A
AMSTERDAM - Pelatih tim nasional Belanda, Louis van Gaal , melempar kritik pedas atas keputusan FIFA memilih Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022. Menurutnya, FIFA cuma memikirkan uang.

Timnas Belanda sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar. De Oranje mengantongi tiket setelah kampiun Grup G di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa.



Meski demikian, Van Gaal melihat Qatar tak layak jadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Pelatih 70 tahun itu terpengaruh sejumlah kabar miring menjelang penyelenggaraan turnamen di negara tersebut.

Kabarnya, selama pembangunan venue Piala Dunia terjadi pelanggaran hak asasi manusia di negara tersebut. Karenanya, Van Gaal mengkritik keputusan FIFA yang lebih mementingkan "jualan" ketimbang pengembangan sepak bola.

“Saya telah menyebutkannya dalam konferensi pers sebelumnya. Saya pikir itu konyol bahwa Piala Dunia ada di sana (Qatar),” ucap Van Gaal dikutip dari Daily Star, Selasa (22/3/2022).

“Kami bermain di negara yang menurut FIFA ingin mengembangkan sepak bola di sana. Itu omong kosong. Tapi itu tidak masalah. Ini tentang uang, tentang kepentingan komersial. Itu penting di FIFA,” sambungnya tegas.

Lebih lanjut, Van Gaal juga menjelaskan alasan penyebab dirinya tak duduk di ‘kursi penting’ di FIFA atau Federasi Sepak bola Eropa (UEFA). Ia pun secara terang-terangan menentang dua organisasi besar sepakbola tersebut.

“Menurut Anda mengapa saya tidak berada di komite mana pun di FIFA atau UEFA dengan keahlian saya? Karena saya selalu menentang organisasi semacam ini. Saya dapat mengatakan itu di Qatar nanti, tetapi itu tidak akan membantu dunia menyingkirkan masalah ini,” pungkasnya.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6131 seconds (0.1#10.140)