FIA Pecat Marshal F1 yang Sumpahi Lewis Hamilton Kecelakaan di GP Arab Saudi

Minggu, 27 Maret 2022 - 13:30 WIB
loading...
FIA Pecat Marshal F1 yang Sumpahi Lewis Hamilton Kecelakaan di GP Arab Saudi
Seorang marshal Formula 1 (F1) dipecat FIA jelang GP Arab Saudi. Dia menyumpahi Lewis Hamilton mengalami kecelakaan seperti Romain Grosjean di GP Bahrain 2020. Foto: france24
A A A
JEDDAH - Seorang marshal Formula 1 (F1) dipecat FIA jelang GP Arab Saudi. Ini akibat tweet mengerikan kepada Lewis Hamilton. Dia menyumpahi pembalap asal Inggris itu mengalami kecelakaan seperti Romain Grosjean di GP Bahrain 2020.



Banyak kontroversi menjelang balapan di Sirkuit Corniche Jeddah itu sejak sesi latihan bebas pada Jumat lalu. Itu diawali serangan rudal ke fasilitas minyak Aramco yang tidak jauh dari lintasan, yang kabarnya ulah pemberontak Houthi Yaman.

Latihan bebas kedua juga tetap dilanjutkan, meski startnya sempat tertunda. Setelah sesi itu, para pembalap dan kepala tim bertemu dengan bos F1, Stefano Domenicali dan Ross Brawn. Kesepakatan dicapai untuk melanjutkan balapan, Senin (28/3/2022) dini hari

Rangkaian GP Arab Saudi berlanjut pada sesi kualifikasi, Minggu (27/3/2022) dini hari WIB. Pembalap Red Bull, Sergio Perez mengamankan pole position pertama sepanjang karier.

Ketika segala sesuatunya terlihat berjalan sesuai rencana, insiden mengenai marshal menyeruak. Tweet kontroversial merebak di sosial media hingga membuat kegaduhan.

Marshal dengan akun @Heem4U di Twitter berharap agar Hamilton mengalami kecelakaan. Dengan memakai bahasa Arab, dia juga mengolok pembalap berusia 37 tahun itu dengan sebutan binatang.

"Saya harap dia mengalami kecelakaan seperti kecelakaan Romain di Bahrain. Pihak berwenang Saudi tidak menanggapi an**g. Jika seseorang melihatnya, mereka akan menanggapinya,” tulis tweet itu.

Kecelakaan yang dialami Grosjean saat GP Bahrain 2020 sangat mengerikan. Pembalap Haas itu menabrak pembatas yang mengakibatkan mobilnya terbelah dua dan terbakar karena meledak.

Grosjean sampai membutuhkan transportasi udara menuju rumah sakit dengan tulang rusuk patah dan luka bakar. Ulah marshal itu tercium FIA selaku penyelenggara dan bakal memecatnya.

Beberapa saat kemudian, marshal itu menyampaikan permintaan maaf atas tindakannya dan menegaskan kalau dia tidak lagi terlibat dengan kegiatan balapan.

Baca Juga: Keluar dari Rumah Sakit, Mick Schumacher Terancam Absen di GP Arab Saudi

“Saya mengucapkan permintaan maaf saya kepada Federasi Motorsport dan Federasi Motor Saudi. Dan untuk pembalap Lewis Hamilton. Pada tweet saya sebelumnya, saya mengumumkan penarikan saya dari ring (balapan),” tulisnya sebagaimana dikutip laman Mirror.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)