Piala Asia FIBA 2022 Jadi Modal Indonesia Menuju Piala Dunia FIBA 2023

Jum'at, 01 April 2022 - 22:01 WIB
loading...
Piala Asia FIBA 2022 Jadi Modal Indonesia Menuju Piala Dunia FIBA 2023
Piala Asia FIBA 2022 Jadi Modal Indonesia Menuju Piala Dunia FIBA 2023. Foto: IST
A A A
JAKARTA - Tim Indonesia diharapkan bisa mendapatkan hasil bagus saat berpartisipasi pada Piala Asia FIBA 2022 di Jakarta, 12 - 24 Juli mendatang. Pasalnya, pasukan merah putih itu juga diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia FIBA 2023.

Hal ini dikatakan langsung oleh Anggota FIBA Board Erick Thohir saat mengikuti acara Ngobrol Bareng Anak Basket di Kementerian BUMN, Jumat (1/4/2022). Dia berharap agar Indonesia bisa sukses berprestasi di Piala Asia FIBA agar dapat tampil di Piala Dunia FIBA tahun depan.



"Indonesia sudah terkenal punya pengalaman menggelar event-event kelas dunia, Asian Games, MotoGP, Piala Dunia U-20. Saya kira untuk penyelenggaraan Indonesia tak masalah, sekarang yang kita harapkan prestasi timnasnya. Saya kira Perbasi sudah berusaha cukup keras dan serius mempersiapkan timnas terbaik," kata Erick.

Pria yang juga sebagai Menteri BUMN tersebut mengapresiasi langkah PB Perbasi mendatangkan pemain-pemain terbaik Indonesia dari seluruh dunia seperti Derrick Michael dan Marques Bolden. Perbasi juga mendatangkan pelatih fisik dan individual skill dari Amerika Serikat.

"Di Asia Tenggara, Indonesia ada di posisi kedua. Bagaimana nanti mempersiapkan tim dengan baik agar bisa posisi di atas 10 besar Asia. Perbasi mempersiapkan timnas secara serius, sementara teman-teman selebritis memberikan dukungan," harap Erick.

Selain itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang juga hadir di acara tersebut menyampaikan bahwa basket masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Dia mengatakan pemerintah memiliki program mencari talenta-talenta terbaik olahragawan, termasuk bola basket agar dididik menjadi pebasket kelas dunia.

"Piala Asia FIBA ini menjadi kesempatan bagi tim nasional kita untuk menuju Piala Dunia FIBA nanti. Semua pihak harus sama-sama berjuang. Kami di Kemenpora terus mendukung dengan segala kemampuan yang ada untuk Piala Asia FIBA ini. Termasuk juga dukungan yang luar biasa dari Menteri BUMN,” ucap Menpora Amali.

Sementara itu, Ketum PP PERBASI Danny Kosasih mengatakan bahwa respons publik baik terhadap bola basket. Menurutnya, itu juga terlepas karena melibatkan Pemerintah, para petinggi Pemerintah, dan selebritis.

"Kalau suatu saat setelah FIBA World Cup 2023 selesai, semua harus dipertahankan jangan sampai terjun bebas. Kami harap Pak Menteri dan FIBA Board, timnas kita bisa lolos. Kami serius dan bahkan sangat serius. Kita akan tampil secara penuh," ujar Danny.

Ketua Panitia Pelaksana Piala Asia FIBA 2022 Junas Miradiarsyah berterima kasih atas dukungan public figure dan influencer ini. Menurut dia, peran mereka akan sangat penting untuk menggemakan hajatan besar bola basket di Tanah Air ini.

"Sebaik apa pun kita merancang acara tapi masyarakat kurang banyak yang tahu jadi percuma. Kehadiran dan dukungan public figure dan influencer ini tiga hari menjelang hitung mundur 100 hari Piala Asia FIBA 2022 kita harapkan menggaungkan event ini agar makin diketahui khalayak ramai. Dengan dukungan mereka, kami dari panitia semakin percaya diri untuk terus bekerja menghadirkan kejuaraan yang terbaik nanti," kata Junas.

Para selebriti top Tanah Air yang ramai-ramai mendukung Piala Asia FIBA 2022 antara lain adalah Raffi Ahmad, Erica Carlina, Rayi Putra Rahardjo, Rachel Vennya, Asri Welas, Djoni Permato, Herman Josis Mokalu, Augie Fantinus, dan Andovi Da Lopez.

“Terima kasih semuanya. Basket memang bukan sekadar olahraga tapi lifestyle juga menurut saya. Tentu dengan FIBA Asia Cup nanti, kita berharap Indonesia bisa sejajar dengan negara-negara lain. Semoga basket Indonesia bisa terus maju,” ungkap Raffi Ahmad.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)