Resmi, Liga 2019/2020 Dilanjutkan Agustus di Lisbon

Rabu, 17 Juni 2020 - 22:59 WIB
loading...
Resmi, Liga  2019/2020 Dilanjutkan Agustus di Lisbon
Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengonfirmasi bahwa sisa pertandingan Liga Champions 2019/2020 bakal dimainkan di Lisbon, Portugal, pada 12 Agustus mendatang / Foto: USA Today
A A A
LISBON - Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) mengonfirmasi bahwa sisa pertandingan Liga Champions 2019/2020 bakal dimainkan di Lisbon, Portugal, pada 7 Agustus mendatang. Keputusan tersebut setelah UEFA menggelar rapat eksekutif.

"Saya senang bahwa kami dapat melanjutkan hampir semua kompetisi kami. Saya yakin bahwa kami tidak akan harus menanggung ketidakhadiran penggemar terlalu lama dan bahwa mereka akan diizinkan masuk ke stadion lebih cepat daripada sebelumnya," ujar Presiden UEFA Aleksander Ceferin.

"Komunitas sepak bola telah bekerja bersama dan menunjukkan persatuan yang luar biasa selama krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada FIFA, konfederasi saudara kita, asosiasi nasional, klub, liga, pemain dan otoritas terkait dukungan dan komitmen berkelanjutan mereka dan saya yakin bahwa kami keluar dari krisis ini lebih kuat dan dengan hubungan yang lebih dekat daripada sebelumnya."

Laga lanjutan Liga Champions yang sempat tertunda akibat pandemi virus corona, terlebih dahulu akan menyelesaikan laga leg kedua 16 besar. Pertandingan tersebut dijadwalkan bakal berlangsung pada 7-8 Agustus.

Untuk pertandingan perempat final akan berlangsung pada 12-16 Agustus. Sedangkan semifinal berlangsung pada 18-19 Agustus. (Baca juga: Portugal Siap Jadi Tuan Rumah Babak 8 Besar Liga Champions )

Sementara final akan berlangsung pada 23 Agustus. Nantinya semua pertandingan akan berlangsung hanya satu leg saja. Untuk stadion, UEFA telah menunjuk Estadio do Sport Lisboa e Benfica dan Estadio Jose Alvalade. (Baca juga: Format 8 Besar Liga Champions 2019/2020 Jadi Sistem Turnamen di Lisabon )

Sedangkan Stadion Ataturk Olympic, Istanbul, Turki, yang sejatinya ditunjuk sebagai tempat final Liga Champions musim ini dipindahkan ke musim depan. Laporan menyebut jika alasan UEFA menunjuk Portugal sebagai tempat penyelenggaraan pertandingan Liga Champions lantaran mereka memiliki banyak pilihan akomodasi dan tidak ada aturan karantina.

Liga Europa

Dalam pertemuan tersebut UEFA juga mengumumkan mengenai jadwal pertandingan Liga Europa. Laporan menyebut jika laga perempat final hingga partai puncak akan berlangsung di Jerman.

Ada empat kota yang ditunjuk UEFA, yakni Cologne, Duisburg, Dusseldorf dan Gelsenkirchen yang bakal menyelenggarakan pertandingan mulai 10-21 Agustus mendatang. Sama seperti Liga Champions, format yang digunakan pada kompetisi ini tak jauh berbeda.

Liga Europa juga menerapkan format pertandingan perempat final hingga semifinal dengan hanya satu leg saja. Sebelum masuk ke tahap perempat final, ada beberapa tim yang masih berjuang di babak 16 besar.

Mengingat situasinya tidak memungkinkan untuk melangsungkan dua leg, maka pertandingan Inter Milan versus Getafe dan Sevilla kontra AS Roma akan dimainkan satu leg di stadion yang belum ditentukan.

Pertandingan babak 16 besar Liga Europa sendiri akan dimulai pada 5-6 Agustus. Selain akan menerapkan protokol kesehatan dan keamanan, turnamen kali ini juga mengadopsi regulasi baru, yakni pergantian lima pemain seperti yang sudah diterapkan di sejumlah liga-liga lain.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1136 seconds (0.1#10.140)