Aktivitas di Ranah Digital Tentukan Popularitas Sebuah Brand

Minggu, 03 April 2022 - 09:32 WIB
loading...
Aktivitas di Ranah Digital Tentukan Popularitas Sebuah Brand
Popularitas sebuah brand di ranah digital menentukan perkembangan bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang berlangsung dua tahun telah meningkatkan aktivitas digital masyarakat dalam mencari produk hingga membelinya. Aktivitas tersebut bahkan diyakini telah menjadi habit atau kebiasaan masyarakat, yang akan terus dilakukan meskipun pandemi telah berakhir.

Baca juga: Pembayaran Digital Kian Diminati, MotionBanking Tebar Promo Menarik, Cek di Sini!

Meningkatnya aktivitas belanja digital selama pandemi telah menjadi perhatian sejumlah kalangan. TRAS N CO Indonesia, perusahaan consulting yang fokus pada penilaian dan perkembangan brand di Indonesia, melakukan riset Brand Choice Index, untuk mengetahui brand-brand pilihan konsumen di ranah digital. Riset yang pertama kali dilakukan pada tahun 2021 ini, hingga saat ini telah dilakukan ke-6 kali, untuk melihat brand-brand pilihan konsumen, seiring meningkatnya aktivitas digital masyarakat selama pandemi.

Tri Raharjo, CEO TRAS N CO Indonesia, mengatakan perubahan lanskap bisnis dari offline ke online, telah diikuti dengan meningkatnya aktivitas brand-brand, baik lokal maupun internasional dalam melakukan pemasaran produk di ranah digital dan marketplace. Pelaku brand meyakini dengan meningkatkan aktivitas brand di ranah digital akan meningkatkan keterpilihan sebuah brand.

Keberadaan marketplace sendiri tentunya akan sangat membantu konsumen untuk memperoleh produk pilihan berkualitas. Pasalnya marketplace tidak hanya menyajikan kelengkapan produk dari seluruh brand, tapi juga menyediakan berbagai tools untuk memanjakan konsumennya, seperti tools search, rating dan review.

“Brand dengan pencarian terbanyak di ranah digital atau marketplace, serta mempunyai ulasan terbaik dari konsumen pengguna marketplace, dapat dipastikan brand tersebut akan menjadi brand pilihan konsumen,” jelas Tri Raharjo, dalam keterangannya, Minggu (3/4/2022).

Ke depan, tentunya aktivitas brand di ranah digital akan semakin tinggi. Karena itu, TRAS N CO Indonesia kembali melakukan riset Brand Choice Index untuk mengetahui brand-brand terpilih di ranah online. Penilaian sendiri dilakukan berdasarkan tiga kriteria yakni; Digital Brand Awareness Aspect, Brand Reviews & Rating Aspect, dan Digital Consumer Choice Aspect.



“Penilaian Brand Choice Index kali ini dilakukan pada bulan Desember 2021 hingga Februari 2022, terhadap 150 kategori produk dengan lebih dari 1.000 brand terriset,” jelas Tri Raharjo.

Sementara itu, Susilowati Ningsih, CEO INFOBRAND.ID, menambahkan, INFOBRAND.ID sebagai number one brand media, bekerja sama dengan TRAS N CO Indonesia menghadirkan Brand Choice Award 2022 Fase 1.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2046 seconds (0.1#10.140)