Penampilan Marquez di MotoGP Amerika 2022, Terganjal Sertifikat Oftalmologi?

Jum'at, 08 April 2022 - 17:02 WIB
loading...
Penampilan Marquez di MotoGP Amerika 2022, Terganjal Sertifikat Oftalmologi?
Marc Marquez siap tampil di MotoGP Amerika Serikat 2022/Foto/Twitter
A A A
AUSTIN - Marc Marquez tak bisa sembarangan turun di MotoGP Amerika Serikat (AS) 2022 pekan ini. Pembalap Repsol Honda itu harus menunjukkan sertifikat oftalmologi (kesembuhan total penyakit mata) yang akan menentukan rider asal Spanyol itu bisa membalap.

Direktur medis MotoGP, dokter Angel Charte mengatakan Marc Marquez harus menunjukkan sertifikat oftalmologi. Marquez harus bisa membuktikan dirinya sudah benar-benar pulih dari diplopia.



Sebelumnya Honda telah mengumumkan bahwa Marquez bisa tampil di MotoGP Amerika 2022. Dalam pernyataan tersebut Honda menjelaskan The Baby Alien -julukan Marc Marquez- telah pulih dari diplopia.

Marquez pun sudah menjalani latihan menggunakan motor CBR600RR di Sirkuit Alcarras. Selama menjalani latihan, Marquez tidak mengalami masalah.



Sementara itu, Charte mengatakan Marquez harus menunjukan sertifikat oftalmologi. Sertifikat tersebut menandakan diplopia Marquez sudah benar-benar hilang dan aman untuk tampil di Circuit of the Americas (COTA).

"Anda (Marc Marquez) harus menunjukkan sertifikat oftalmologi yang seratus persen sembuh dari penglihatan ganda," kata Charte dilansir dari Motosan, Kamis (7/4/2022).

Charte menjelaskan tidak bisa melakukan tindakan yang bukan keahliannya. Ia mengatakan beberapa cedera yang dialami pembalap akan diserahkan kepada dokter yang tepat untuk menangani kasus tersebut.

"Saya seorang internis dan intensivis, jadi saya tidak bisa menjadi dokter mata dan tidak lebih. Sejak tahun lalu ada beberapa cedera yang kami minta kepada spesialis yang bertugas untuk sertifikat yang menjamin pemulihan pasien,' pungkasnya.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1562 seconds (0.1#10.140)