Ferrari untung, Mercedes sial

Kamis, 06 Juni 2013 - 13:33 WIB
Ferrari untung, Mercedes sial
Ferrari untung, Mercedes sial
A A A
Sindonews.com - Federasi Otomotif Internasional (FIA) secara resmi mengirimkan surat kepada Mercedes untuk menghadapi pengadilan internasional terkait tes rahasia ban Pirelli beberapa bulan lalu.

Diketahui, baik Mercedes maupun Ferrari diminta untuk memberikan keterangan kepada FIA terkait mengujian ban setelah balapan di Grand Prix Monaco. Tetapi dalam penyelidikan lebih lanjut tim Kuda Jingkrak justru lolos dari persidangan setelah mereka menggunakan sasis tahun 2011 pada jet daratnya.

Berikut adalah pernyataan resmi FIA, Kamis (6/6/2013) :

FIA mulai melakukan penyelidikan terkait laporan yang diterima seusai balapan di GP Monaco mengenai pengujian ban yang dilakukan Pirelli dan Mercedes pada 15-17 Mei lalu di Barcelona. Dalam hal ini FIA juga telah mendapatkan klarifikasi dari Mercedes. Sementara itu FIA juga mengajukan beberapa pertanyaan kepada Ferrari yang mengambil bagian dalam pengujian ban dengan Pirelli di Barcelona 23-24 April lalu. Selain itu, FIA meminta kepada seluruh tim untuk memberikan informasi jika ada dari sebagian mereka mengikuti tes ban pirelli selama musim 2013 ini.

Setelah mendapatkan jawaban yang diterima selama penyelidikan ini, FIA yang bertindak sebagai badan penuntut umum memutuskan. "FIA menutup kasus Ferrari, mengingat partisipasinya dalam pengujian ban yang diselenggarakan oleh Pirelli di Barcelona 23-24 April menggunakan sasis mobil tahun 2011. Hal ini dianggap tidak bertentangan dengan aturan FIA yang berlaku," putusan FIA.

"Sementara mengenai sesi pengujian ban yang dilakukan Pirelli dan tim Mercedes AMG Petronas di Barcelona pada 15-17 Mei lalu. Akhirnya FIA memutuskan tim ini harus menjalani Pengadilan Internasional. Karena dari hasil penyelidikan, membuktikan bahwa kondisi pengujian ini bisa dikatakan sebagai sebuah pelanggaran yang berlaku dari aturan FIA. Dan ​​Pengadilan Internasional mengirimkan surat kepada mereka untuk membuat keputusan sesuai dengan Peraturan Disiplin Yudisial dan FIA," tutup pernyataan tersebut.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6333 seconds (0.1#10.140)