UEFA Setuju Liga Domestik di Eropa Berakhir Prematur

Jum'at, 24 April 2020 - 20:37 WIB
loading...
UEFA Setuju Liga Domestik di Eropa Berakhir Prematur
Presiden Badan Sepak bola Eropa (UEFA), Aleksander Ceferin, hari ini menggelar pertemuan bersama 55 asosiasi sepak bola negara-negara di Benua Biru. Foto: Daily Mail
A A A
NYON - Presiden Badan Sepak bola Eropa (UEFA), Aleksander Ceferin, hari ini menggelar pertemuan bersama 55 asosiasi sepak bola negara-negara di Benua Biru. Pertemuan yang berlangsung via video conference membuahkan beberapa hal.

Pada pertemuan tersebut, UEFA memberi rekomendasi kepada asosiasi sepak bola di masing-masing negara di Eropa, supaya menyelesaikan kompetisi sesuai jadwal. Namun, jika kondisi di negara tersebut tidak memungkinkan, UEFA mempersilakan asosiasi sepak bola di negara yang bersangkutan untuk memutuskan cara terbaik menyelesaikan kompetisi musim ini.

Dibandingkan dengan hasil pertemuan virual UEFA bersama asosiasi sepak bola negara-negara Eropa edisi sebelumnya, sebetulnya kesimpulan rapat tidak terlalu jauh berbeda. Namun, dalam pertemuan kali ini, beberapa negara mulai membeberkan kondisi mereka di tengah pandemi virus corona.

Aosiasi Sepak bola Prancis (FFF) berencana menggelar pertandingan setiap tiga hari sekali untuk menyelesaikan musim tepat waktu. Sedangkan Belanda dan Skotlandia berupaya menyelesaikan musim lebih awal (prematur) alias tidak melanjutkan kompetisi.

Sementara itu, Bundesliga Jerman berjanji untuk kembali menggelar pertandingan pada 9 Mei 2020 dengan segala risiko. Mereka telah menerbitkan pedoman menggelar laga dalam kondisi tanpa penonton.

“Menggunakan upaya terbaik untuk menyelesaikan kompetisi domestik sesuai format aslinya. Asosiasi sepak bola nasional atau liga, mungkin juga memiliki alasan yang sah untuk mengakhiri kompetisi domestik mereka secara prematur,” demikian pernyataan UEFA, Jumat (24/4/2020)

Sementara itu, liga-liga papan atas seperi Inggris, Spanyol, dan Italia belum mengambil sikap terkait sisa kompetisi musim ini. Namun, meski belum bersikap, mereka sudah merencanakan sebuah skema untuk menuntaskan musim.

Inggris berencana melanjutkan kompetisi pada 8 Juni 2020, dengan mulai membuka kamp latihan klub pada bulan Mei. Harapannya, pada 2 Agustus 2020 semua pertandingan domestik sudah selesai.

Sementara itu Liga Spanyol berencana kembali menggelar kompetisi domestik La Liga pada 28 Mei 2020. Adapun Italia belum berencana memulai liga, tetapi berharap semua pertandingan bisa selesai 2 Agustus 2020.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1326 seconds (0.1#10.140)