5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Kamis, 21 April 2022 - 13:16 WIB
loading...
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia
Greysia Polii/Apriyani Rahayu (kanan) hormat bendera Merah Putih di Olimpiade Tokyo 2022. Foto: AFP
A A A
JAKARTA - Hari ini, tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini . Di dunia olahraga Tanah Air, terdapat berapa atlet perempuan yang sukses mengukir prestasi serta menginspirasi layaknya Kartini.

Di tanggal tersebut Raden Ajeng Kartini lahir kemudian memberi perubahan radikal dalam perspektif gender. Berkat jasa Kartini, banyak perempuan mendapat hak yang sama di berbagai bidang.

Baca Juga: 6 Lokasi Mengenang RA Kartini di Jepara

Kartini juga dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara sebelum kemerdekaan. Tak heran, bangsa Indonesia menjadikan Kartini sebagai Pahlawan Nasional.

Berikut atlet perempuan Indonesia yang berprestasi di kancah dunia, sekaligus menginspirasi perempuan.

5. Greysia Polii
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Greysia Polii sudah malang melintang di dunia bulu tangkis Indonesia. Dia telah mempersembahkan banyak gelar juara untuk Indonesia.

Greysia bersama Apriyani Rahayu menjadi juara di SEA Games 2019 Manila di Manila, Filipina. Atlet spesialis ganda putri ini juga sudah kali ketiga lolos Olimpiade dengan partner yang berbeda.

Pertama dengan Meilana Jauhari pada Olimpiade London 2012, bersama Nitya Krisinda Maheswari 2016, dan Apriyani Rahayu di Olimpiade Tokyo yang berbuah medali emas.

Tak hanya dalam dunia olahraga, Greysia juga ikut aktif dalam penggalangan dana sosial demi membantu korban wabah virus corona.

4. Apriyani Rahayu
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Apriyani Rahayu mengaku sangat terinsipirasi dengan sosok pahlawan nasional perempuan Indonesia Raden Ajeng (R.A) Kartini. Menurut pebulu tangkis ganda putri yang berpasangan dengan Greysia Polii ini, Kartini adalah figur besar dalam sejarah Indonesia.

Kartini yang bangsawan asal Rembang, Jawa Tengah, penggerak emansipasi wanita itu adalah sosok yang tangguh.

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2022 itu mengatakan semangat pantang menyerah Kartini menjadi telah menular ke perempuan Indonesia untuk terus berjuang di bidang masing-masing.

3. Leani Ratri Oktila
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Leani merupakan atlet penyandang disabilitas cabang bulu tangkis. Meski berkutat di tengah keterbatasan pada kaki dan tangan kirinya, Leani berhasil mengukir prestasi.

Sebut saja saat Asian Para Games 2018. Bersama Khalimatus Sadiyah Sukohandoko, Leani berhasil mempersembahkan emas di nomor ganda putri. Dia juga meraih perak di nomor perorangan.

Leani juga mendapat penghargaan dari Badminton World Federation (BWF) sebagai salah satu pebulu tangkis terbaik dunia 2019 di Guangzhou, China.

Leani menjadi satu-satunya pebulutangkis Indonesia yang meraih itu. Predikat itu sekaligus mempertahankan raihannya tersebut.

Di ajang Paralimpiade Tokyo 2020, Leani Ratri Oktila meraih prestasi gemilang dengan mempersembahkan dua medali emas dan satu medali perak untuk Indonesia, dari cabang olahraga bulu tangkis.

Atlet yang akrab disapa Ratri ini turun bertanding dalam tiga nomor, yakni tunggal putri, ganda putri, dan ganda campuran.

2. Aries Susanti
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Aries Susanti adalah atlet panjat tebing andalan Merah Putih. Di ajang Asian Games 2018 dia meraih dua medali emas, tepatnya di nomor speed perorangan dan beregu.

Ia juga memecahkan rekor dunia sebagai perempuan pertama dalam sejarah yang mencatatkan waktu di bawah 7 detik, yaitu 6,995 detik dalam nomor speed world putri.

1. Susy Susanti
5 Kartini Indonesia yang Mengharumkan Nama Negara di Pentas Olahraga Dunia

Susy Susanti adalah atlet pertama Indonesia yang menyumbangkan medali emas di Olimpiade. Dari Susy Susanti, keran medali emas kontingen Indonesia di Olimpiade terus terbuka.

Prestasi Susy Susanti di Olimpiade tak berhenti pada 1992. Dia kembali berhasil meraih medali di Olimpiade Atlanta 1996. Tetapi, kala itu, dia tak mendapat medali emas, melainkan perunggu.

Karier manis Susy di bulu tangkis harus terhenti pada 1998 karena dirinya memutuskan untuk pensiun. Pada akhir kariernya, dia tercatat sudah meraih puluhan gelar juara di turnamen berlevel Grand Prix.

Selain itu di berbagai kejuaraan bergengsi bulu tangkis, Susy pun selalu meraih prestasi gemilang. Ia tercatat menjadi juara dunia pada 1993 saat digelar di Birmingham, Inggris. Susy juga sering berkontribusi besar bagi Indonesia dalam meraih Piala Sudirman pada 1989, Piala Uber pada 1994 dan 1996.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)