Wimbledon Larang Petenis Rusia dan Belarusia Tampil, ATP, ITF, WTA Kompak Mengecam

Kamis, 21 April 2022 - 21:00 WIB
loading...
Wimbledon Larang Petenis Rusia dan Belarusia Tampil, ATP, ITF, WTA Kompak Mengecam
Wimbledon telah melarang atlet Rusia dan Belarusia untuk tampil di ajang grand slam lapangan rumput itu. Ini mendapat kecaman dari ATP, ITF dan WTA. Foto: eurosport
A A A
LONDON - Wimbledon telah melarang atlet Rusia dan Belarusia untuk tampil di ajang grand slam lapangan rumput itu pada tahun ini. Namun, keputusan ini justru mendapat kecaman dari sejumlah badan tenis dunia, ATP, ITF dan WTA.



Para petenis Rusia dan Belarusia sejauh ini diizinkan untuk tampil di kompetisi ATP, WTA dan ITF meski perang antara Rusia dan Ukraina masih terus bergejolak. Namun, mereka ikut dengan status netral tanpa membawa nama negara, lagu kebangsaan serta bendera.

Meski begitu, pihak All England Club dan LTA, yang merupakan penyelenggara Wimbledon, menerapkan larangan bermain kepada para petenis dari dua negara itu.

Namun, bagi sejumlah badan tenis merasa langkah itu sangat tidak perlu. Terutama pihak ATP, karena bisa membuat petenis putra nomor satu dunia, Daniil Medvedev tak bisa bermain.

“Kami mengutuk keras invasi Rusia ke Ukraina. Kami bersolidaritas dengan jutaan orang tak bersalah yang terdampak. Tetapi, kami yakin jika keputusan Wimbledon dan LTA yang melarang pemain dari Rusia dan Belarusia adalah tidak adil,” bunyi pernyataan resmi ATP.

Pernyataan serupa juga diungkapkan oleh badan tenis putri, WTA. Mereka mengaku kecewa dengan keputusan yang dibuat All England Club dan LTA.

“Kami sangat kecewa dengan pengumuman dari All England Club dan LTA, yang melarang pemain dari Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi pada turnamen lapangan rumput,” lanjut pernyataan WTA.

Larangan ini membuat sejumlah petenis top dipastikan bakal absen pada grand slam ketika tersebut. Beberapa di antaranya adalah Daniil Medvedev dan Andrey Rublev, yang berasal dari Negeri Beruang Putih dan masuk dalam daftar 10 besar ranking dunia.



Sedangkan Aryna Sabalenka dan Victoria Azarenka, yang berpaspor Belarusia dan juga berstatus sebagai pemain wanita ranking 50 besar dunia.
(mirz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5233 seconds (0.1#10.140)