Sambut Kembalinya Serie A, Roma Siapkan Jersey Anti-rasisme

Minggu, 21 Juni 2020 - 03:01 WIB
loading...
Sambut Kembalinya Serie A, Roma Siapkan Jersey Anti-rasisme
Emblem di lengan jersey Roma mengusung pesan anti-rasisme. Foto: AS Roma
A A A
ROMA - Liga Italia Serie A dijadwalkan kembali digelar. Menyambut kembalinya liga, pemain AS Roma akan membawa pesan antirasisme di jersey mereka.

Tim akan mengenakan potongan khusus pada lengan kiri mereka yang akan menampilkan kata-kata 'Black Lives Matter' bersama dengan 'ASSIEME' - yang berarti Bersama, nama kampanye yang diluncurkan klub untuk mencakup semua kegiatan Roma Cares selama krisis Covid- 19. (Baca juga: RCTI Plus Tayangkan Live Streaming Liga Italia Gratis )

Momen pertama kalinya para pemain Giallorossi akan mengenakan potongan Black Lives Matter yakni di Stadio Olimpico melawan Sampdoria pada Rabu (24/6/2020) malam. Tim akan mengenakan potongan tersebut untuk total 12 pertandingan Serie A, yang terakhir adalah di Turin melawan Juventus.

Potongan emblem ini dirancang untuk menunjukkan dukungan kepada gerakan Black Lives Matter, yang sekali lagi telah menjadi sorotan global setelah kasus kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam tak bersenjata di Minneapolis, Amerika.

Kematian Floyd, bersama dengan kematian Ahmaud Arbery dan Breonna Taylor yang sebelumnya, memicu protes di seluruh dunia, dengan ratusan ribu orang berbaris mendukung Black Lives Matter. (Baca juga: AS Roma Sambut Keputusan UEFA Terkait Liga Europa)

Di seluruh Amerika, dan di banyak kota besar di seluruh dunia, ribuan orang, keluar untuk melakukan demonstrasi besar-besaran. Di Roma, demonstrasi Black Lives Matter diadakan di Piazza del Popolo pada 7 Juni.

Awal bulan ini, pelatih Roma Paulo Fonseca dan para pemainnya berlutut sebelum berlatih di Trigoria untuk menunjukkan dukungan mereka terhadap Black Lives Matter - dan banyak juga yang memilih untuk membagikan foto momen tersebut di profil media sosial pribadi mereka.

"Sebagai klub sepakbola, kami 100% berkomitmen untuk menentang rasisme dalam segala bentuk," kata Paul Rogers, kepala strategi di AS Roma.

"Kami percaya bahwa dengan platform global luar biasa yang kami miliki, kami berada dalam posisi yang kuat untuk mengirimkan pesan yang jelas tentang Black Lives Matter. (Lihat grafis: Liverpool Kuasai Daftar 10 Pemain Termahal Dunia )

"Di seluruh dunia, telah menjadi sangat jelas bahwa tidak lagi cukup untuk tidak menjadi rasis, kita harus antirasis. Kami memahami bahwa kami perlu melakukan lebih dari sekadar mengenakan potongan di kaus kami untuk memberikan kontribusi yang berarti bagi tantangan global dalam mengatasi rasisme sistemik, tetapi kami merasa ini adalah kesempatan yang tepat waktu untuk mengkomunikasikan pesan penting kepada jutaan pemirsa televisi di seluruh dunia."

Klub akan melelang kaus yang dipakai para pemain, menampilkan potongan Black Lives Matter / ASSIEME, dari masing-masing dari 12 pertandingan untuk mengumpulkan uang untuk sejumlah organisasi antirasisme terkemuka dan juga untuk Roma Cares, demi membantu perkembangan inisiatif terbaru klub, antirasis yang terkait dengan anak-anak di Italia.

Pada Juli, klub, melalui Roma Cares, akan meluncurkan lokakarya antirasisme bulanan baru untuk membantu mendidik anak-anak muda di Roma tentang masalah rasisme dan membantu mereka lebih memahami cara-cara di mana mereka dapat secara proaktif mempengaruhi teman-teman mereka dalam antirasis.

Klub juga telah membuat daftar sumber daya online untuk membantu dalam mendidik penggemar tentang masalah rasisme dan apa artinya menjadi antirasis. Halaman ini, di situs web resmi klub, menampilkan tautan ke artikel dan buku untuk dibaca, serta video, film, dan film dokumenter untuk ditonton.
(sha)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2318 seconds (0.1#10.140)