4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final

Kamis, 05 Mei 2022 - 13:00 WIB
loading...
4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final
Real Madrid saat menghadapi Manchester City di semifinal Liga Champions 2021/2022. Foto: REUTERS/Isabel Infantes
A A A
MADRID - Mencetak comeback di Liga Champions bukan perkara mudah. Dalam 10 tahun terakhir, Real Madrid setidaknya empat kali sukses membalik ketertinggalan.

Skuad berjuluk Los Blancos adalah tim dengan jumlah gelar terbanyak di Liga Champions dengan 13 gelar. Mereka merupakan salah satu klub yang cukup sering bikin comeback dramatis, salah satunya ketika mengalahkan Manchester City dengan agregat 6-5 di Santiago Bernabeu, Madrid, Kamis (5/9/2022).

Berikut empat comeback dramatis bersejarah Los Blancos di Liga Champions.

1. Real Madrid vs Manchester United (Babak 16 Besar 2012/2013)
4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final

Di babak 16 besar Liga Champions 2021/2013, Real Madrid sudah ditunggu raksasa Liga Inggris, Manchester United. Leg pertama kedua tim yang berlangsung di Santiago Bernabeu berakhir sama kuat 1-1.

Hasil imbang di laga kandang jelas kurang menguntungkan bagi Madrid. Manchester United pun diunggulkan untuk lolos karena leg kedua berlangsung di Old Trafford. Namun secara mengejutkan hasilnya justru terbalik. Madrid berhasil menang 2-1 sekaligus menghentikan langkah Setan Merah.

2. Real Madrid vs Manchester City (Fase Grup 2012-2013)
4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final

Sebelum menyingkirkan Manchester United di babak 16 besar, momen comeback sempat ditunjukkan Real Madrid di fase grup. Madrid yang saat itu terancam tidak bisa lolos akhirnya berhasil membungkam keraguan dan finis di urutan kedua.

Salah satu pertandingan yang paling menyulitkan adalah ketika Madrid menjamu Manchester City di Santiago Bernabeu. Kedua tim yang sama-sama mengincar kemenangan terlibat saling serang sepanjang pertandingan.

Akan tetapi, gol belum juga tercipta hingga memasuki pertengahan babak kedua. Striker Man City, Edin Dzeko berhasil membawa timnya unggul di menit ke-65. Beberapa menit setelahnya Alxander Kolarov mencetak gol kedua Man City. Namun tak disangka, Madrid berhasil membalikkan kedudukan dengan menyarangkan tiga gol jelang laga usai lewat aksi Marcelo (76’), Benzema (87’) dan Cristiano Ronaldo (90’).

3. Real Madrid vs Atletico Madrid (Final Liga Champions 2013/2014)
4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final

Salah satu momen comeback yang paling diingat para fans Madrid adalah pada final Liga Champions 2013-2014. Kala itu, Madrid menghadapi rival sekota mereka, Atletico pada partai puncak yang berlangsung di Lisbon, Portugal.

Atletico yang unggul lebih dulu lewat gol Diego Godin di menit ke-36 berhasil mempertahankan keadaan hingga menit-menit akhir pertandingan. Akan tetapi, mereka benar-benar Kecolongan setelah Sergio Ramos berhasil membuat skor imbang di menit 90+3.

Madrid yang sukses memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan pun tampil lebih percaya diri. Alhasil, tiga gol tambahan kreasi Gareth Bale, Marcelo, dan Cristiano Ronaldo berhasil mereka sarangkan sekaligus menutup laga dengan kemenangan 4-1. Real Madrid pun berhak atas trofi juara Liga Champions 2013-2014.

4. Real Madrid vs Manchester City (Semifinal Liga Champions 2021/2022)
4 Comeback Dramatis Real Madrid di Liga Champions, Salah Satunya Terjadi di Final

Real Madrid mencetak comeback atas Manchester City di babak semifinal Liga Champions 2021/2022. Los Blancos lebih dulu tertinggal 3-4 di leg pertama saat bermain di Stadion Etihad, Inggris.

Tim asuhan Carlo Ancelotti kemudian melakoni misi balas dendam di leg kedua yang berlangsung di Stadion Santiago Bernabeu, Kamis (5/4/2022) dini hari waktu. Namun, jalan terasa berat lantaran City justru lebih dulu mencetak gol melalui aksi Riyad Mahrez sehingga agregat jadi 3-5 untuk keunggulan City.

Secara sensasional, Real Madrid mampu membalikkan keadaan di masa injury time. Mereka mencetak tiga gol lewat aksi Rodrygo (90 dan 90+1) serta Karim Benzema (90+5) hingga laga berakhir dengan kemenangan Madrid 6-5.
(sto)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2099 seconds (11.97#12.26)