Profil Jose Mourinho, Pelatih Pertama yang Cicipi 3 Final Berbeda Kompetisi Eropa

Jum'at, 06 Mei 2022 - 20:01 WIB
loading...
Profil Jose Mourinho, Pelatih Pertama yang Cicipi 3 Final Berbeda Kompetisi Eropa
Profil Jose Mourinho, Pelatih Pertama yang Cicipi 3 Final Berbeda Kompetisi Eropa. Foto: Daily Mail
A A A
ROMA - Jose Mourinho berhasil mengukir sejarah usai mengantarkan AS Roma ke final Liga Konferensi Europa 2021/2022 . Pelatih asal Portugal sekaligus mengukir rekor unik.

Mourinho tercatat sebagai pelatih pertama yang mencapai final Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Europa. Uniknya, dia mencapai itu bersama empat klub berbeda yakni Porto, Inter Milan, Manchester United dan sekarang giliran Roma.



Teranyar, Mourinho membawa Roma ke Liga Konferensi Europa 2021/2022 usai mengalahkan Leicester City, Jumat (6/4/2022). Mourinho juga mengukir rekor laga semifinal di kompetisi Eropa menjadi 15 kali menang dalam 23 pertandingan.

Pelatih berjuluk The Spesial Onetentunya ingin melanjutkan catatan manis saat berhadapan melawan Feyenoord di final Liga Konferensi Europa. Jika berhasil mengangkat trofi, Mourinho akan menjadi pelatih pertama yang pernah mengangkat trofi Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Europa.

Mourinho yang bernama lengkap Jose Mario dos Santos Felix Mourinho lahir pada 26 Januari 1963 di Setubal, Portugal, dari pasangan Maria Julia Carrajola dos Santos dan Felix Mourinho. Ayah Mou sebetulnya adalah penjaga gawang kenamaan.

Pada 1989, pelatih bertinggi badan 174 cm ini menikahi Matilde "Tami" Farida, wanita yang dipacarinya sejak masih kanak-kanak. Pasangan ini kemudian dikaruniai dua anak, Matilde dan Jose Mario Jr.

Karier yang Pasang Surut
Profil Jose Mourinho, Pelatih Pertama yang Cicipi 3 Final Berbeda Kompetisi Eropa

Selama karier kepelatihannya, Mourinho telah dianugerahi gelar pelatih klub terbaik dunia sebanyak empat kali. Gelar tersebut pertama kali Mourinho dapatkan saat di FC Porto pada 2004.

Keberhasilannya menjuarai Liga Champions bersama FC Porto membuat Chelsea kepincut dengannya. Alhasil, dia pun sukses memberikan gelar Liga Inggris bagi The Blues pada musim 2004/2005.

Mourinho kembali mendapatkan gelar pelatih klub terbaik saat itu. Prestasi tersebut membuatnya mulai dipandang sebagai manajer elite Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)