Piala Thomas 2022: Anthony Ginting Bungkam Kento Momota, Indonesia Ungguli Jepang

Jum'at, 13 Mei 2022 - 19:36 WIB
loading...
Piala Thomas 2022: Anthony Ginting Bungkam Kento Momota, Indonesia Ungguli Jepang
Anthony Sinisuka Ginting menyumbang poin pertama Indonesia usai membekuk Kento Momota/Foto/dok.PBSI
A A A
BANGKOK - Anthony Sinisuka Ginting menyumbang poin pertama Indonesia usai membekuk andalan Jepang Kento Momota pada partai pembuka semifinal Piala Thomas 2022. Anthony menang 21-13, 14-21, 21-12 di Impact Arena, Bangkok, pada Jumat (13/5/2022) malam WIB.

Ginting memulai pertandingan dengan baik. Dia tampil percaya diri dan mampu memberikan tekanan pada Momota. Pukulan tipuannya di depan net pun membawanya unggul 4-1 atas pemain ranking nomor dua dunia tersebut.

Setelah itu, pemain asal Bandung tersebut nampak terbawa dengan permainan Momota hingga skor bisa disamakan menjadi 5-5. Beruntung sang bintang Negeri Sakura terlalu terburu-buru melancarkan serangan yang membuat pukulannya sering menyangkut di net dan memberikan keuntungan untuk Ginting yang kemudian memimpin 11-6 pada interval gim pertama.

Usai rehat, Ginting mampu memegang kendali permainan. Dia menjauh dengan skor 15-8 berkat smash-smash silang mematikannya berkali-kali membuat Momota jatuh bangun.

Serangan bola-bola silang dari pemain berusia 25 tahun itu benar-benar merepotkan Momota. Dia mendulang poin demi poin lewat smash dan drop shot menyilang hingga akhirnya jumping smash-nya di depan net menutup gim pertama dengan kemenangan 21-13.

Pada awal gim kedua, Momota nampak mulai frustrasi. Pasalnya, Ginting unggul 5-2 setelah mendapatkan poin cuma-cuma dari kesalahan yang dibuatnya.

Akan tetapi, pemain berusia 27 tahun itu menunjukkan kelasnya sebagai mantan pemain nomor satu dunia. Dia berhasil menyamakan kedudukan menjadi 5-5 dan bahkan membalikkan keadaan untuk memimpin 11-10 pada interval gim kedua.

Selepas jeda, Momota semakin tampil percaya diri. Dia gantian membuat Ginting tertekan dan terus menjauh dengan skor 18-13.

Memasuki poin-poin kritis, Ginting justru melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Dua kali pukulannya menyangkut di net dan melebar dari lapangan. Alhasil, Momota merebut gim kedua dengan skor 21-14 sekaligus memaksa laga ditentukan lewat rubber game.

Pada gim penentuan, serangan bola-bola silang dari Ginting kembali efektif mematikan Momota dan membuatnya memimpin 7-2. Lalu, blok dengan raket di depan net yang dilakukannya sukses menyumbang poin untuknya, skor bertambah menjadi 8-2.

Terus menekan, sang jagoan Merah-Putih tak membiarkan Momota mengembangkan permainan. Dia pun mendapatkan tiga poin tambahan sehingga unggul 11-2 pada interval gim ketiga.

Usai istirahat, Momota memberikan perlawanan sengit dan sangat ngotot untuk mengejar bola. Namun, Ginting juga tak kalah apik dengan variasi serangannya yang menjaga keunggulannya di angka 15-7.

Setelah itu, rally-rally panjang terjadi karena kedua pemain sama-sama bersabar untuk menyerang lawan. Namun, Momota membuat kesalahan-kesalahan sendiri yang sangat menguntungkan Ginting. Alhasil, Ginting berhasil menutup pertandingan dengan kemenangan 21-12.
(sha)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1497 seconds (10.177#12.26)