Amalan Sederhana yang Menjadikan Seseorang Ahli Surga

Minggu, 15 Mei 2022 - 09:45 WIB
loading...
Amalan Sederhana yang Menjadikan Seseorang Ahli Surga
Surga merupakan tempat kesudahan paling indah yang diperuntukkan bagi para Nabi dan Rasul, kaum shiddiqin, para syuhada dan orang-orang saleh. Foto ilustrasi/ist
A A A
Setiap orang pasti berharap menjadi ahli surga. Ada beberapa amalan sederhana yang menjadi sebab seseorang dimasukkan ke dalam surga.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: "Ditampakkan kepadaku tiga golongan orang yang pertama kali akan masuk surga, yaitu orang-orang yang mati syahid, orang-orang yang suci serta menjaga kesuciannya, dan hamba-hamba sahaya yang beribadah kepada Allah dengan baik serta memberikan nasihat kepada tuannya." (HR Ahmad, Hakim dan Al-Baihaqi)



Rasulullah SAW menyebutkan beberapa amalan ahli surga dihimpun dari berbagai sumber:

1. Menghafal Asmaul Husna
Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda yang artinya: "Sesungguhnya Allah memiliki 99 nama, seratus kurang satu. Siapa yang menghitung dan menghafalnya ia akan masuk surga."

2. Memberi Makan Orang Miskin
Suatu hari Rasulullah SAW bertanya: "Siapa di antara kamu yang berpuasa hari ini?". Abu Bakar RA menjawab: "Aku". Rasulullah SAW bertanya lagi: "Siapa di antara kalian yang telah mengikuti pemakaman hari ini?" Abu Bakar RA berkata: "Aku". Rasulullah SAW berkata lagi: "Siapa di antara kalian yang memberi makan orang miskin hari ini?" Abu Bakar berkata lagi: "Aku". Rasulullah SAW bertanya lagi: "Siapakah di antara kalian yang menjenguk orang sakit hari ini?" Abu Bakar menjawab: "Aku".

Rasulullah SAW kemudian berkata: "Jika terkumpul seluruh amalan pada seseorang (seperti ini), niscaya ia akan masuk surga". Umar bin Khattab RA sampai berkomentar: "Oh... itu (amalan) ahli surga".

3. Menjenguk Orang Sakit
Imam at-Tirmidzi mengetengahkan sebuah Hadis yang artinya: "Tidaklah seorang muslim menjenguk muslim yang lain di pagi hari melainkan 70.000 Malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di sore hari. Dan jika ia menjenguknya di sore hari maka 70.000 Malaikat bershalawat atasnya, memintakan ampun untuknya hingga ia berada di pagi hari. Dan ia akan memperoleh buah-buahan yang akan dipetik di dalam surga kelak." (HR Tirmidzi)

Demikianbeberapa amalan sederhana yang menjadikan seseorang sebagai ahli surga. Semoga kita dimudahkan mengamalkannya. Aamiin!

(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1775 seconds (0.1#10.140)