Inilah Pelatih Indonesia di Balik Sukses India Juara Piala Thomas 2022

Minggu, 15 Mei 2022 - 16:57 WIB
loading...
Inilah Pelatih Indonesia di Balik Sukses India Juara Piala Thomas 2022
Inilah Pelatih Indonesia di Balik Sukses India Juara Piala Thomas 2022/FB Flandy Limpele
A A A
Sentuhan pelatih Indonesia di balik sukses tim bulu tangkis India juara Piala Thomas 2022. Tim bulu tangkis putra India membuat sejarah mengejutkan dengan menjuarai Piala Thomas 2022. India juara Piala Thomas 2022 setelah menaklukkan juara bertahan Indonesia dengan skor telak 3-0 dalam final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu (15/5/2022).

Tahukah Anda, sukses India menjuarai Piala Thomas 2022 ternyata ada campur tangan pelatih Indonesia. Dari nama Mulyo Handoyo hingga Flandy Limpele adalah pelatih bertangan dingin yang menyulap para pemain bulu tangkis India menjadi hebat.



Flandy Limpele, pelatih spesialis ganda itu pernah memoles ganda terkuat India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Hari ini, duet Rankireddy/Shetty yang berperingkat delapan dunia ikut menyumbangkan angka kemenangan buat India atas Indonesia di final.

Duet Rankireddy/Shetty memberi kemenangan India saat menaklukkan pasangan dadakan Mohammad Ahsan/Kevin Sanjaya Sukamuljo di laga kedua final dengan skor 21-18, 21-23, 19-21. Selain Flandy Limpele, ada nama pelatih Taufik Hidayat, Mulyo Handoyo, yang ikut berperan atas kemajuan pesat tunggal putra India. Kidambi Srikanth, Sai Praneeth, dan HS Prannoy menjadi matang secara skill setelah dipoles Mulyo Handoyo.

Mulyo Handoyo pertama kali memoles ketiga tunggal India tersebut pada 2017. Tapi pelatih Taufik Hidayat itu pergi dari India pada 2018 sebelum kontraknya berakhir. Setelah Mulyo Handoyo pergi, datanglah Flandy Limpele pada 2019 yang dipercaya memoles ganda putra.



Setelah Flandy Limpele hengkang ke Malaysia, nama mantan pelatih Indonesia, Agus Dwi Santoso datang ke India.
Agus dipercaya melatih pemain India termasuk Kidambi Srikanth hingga Oktober 2021. Agus juga turut membangun skill pemain India menghadapi Olimpiade Tokyo 2020.

Namun, Agus Dwi Santoso juga hengkang dari India. Kini, Agus Dwi Santoso melatih Thailand. Sedangkan Flandy Limpele kini kembali ke tanah air menjadi pelatih di Pelatnas Bulu Tangkis Indonesia. Flandy Limpele mendapat tugas melatih ganda campuran Indonesia.

Ada juga nama Dwi Kristian yang menjadi sparring pemain India sekaligus melatih ganda campuran India. Selain Dwi Kristian ada juga Namrih Suroto yang bertanggung jawab di ganda putra.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1645 seconds (0.1#10.140)