Profil dan Agama Ernando Ari Sutaryadi, Pahlawan Timnas Indonesia yang Mengguncang

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:50 WIB
loading...
Profil dan Agama Ernando Ari Sutaryadi, Pahlawan Timnas Indonesia yang Mengguncang
Agama Ernando Ari Sutaryadi. Foto: Instagram/@nandoariiiss
A A A
HANOI - Timnas Indonesia U-23 berhasil merebut medali perunggu SEA Games 2021 setelah mengalahkan Malaysia U-23 lewat drama adu penalti. Penjaga gawang Ernando Ari Sutaryadi menjadi pahlawan penentu kemenangan Garuda Muda.

Bermain di Stadion My Dinh, Vietnam, Minggu (22/5/2022), Ernando dkk bermain imbang 1-1 hingga waktu normal berakhir. Timnas Indonesia U-23 sempat unggul lewat Ronaldo Kwateh (68’). Namun, Malaysia U-23 menyamakan kedudukan melalui sepakan Abdul Razak (81’).

Baca Juga: Hasil SEA Games 2021: Menang Adu Penalti, Timnas Indonesia U-23 Rebut Perunggu

Laga lalu dilanjutkan ke babak adu penalti. Sebab, tidak ada perpanjangan waktu dalam pertandingan perebutan medali perunggu cabor sepak bola putra SEA Games 2021.
Profil dan Agama Ernando Ari Sutaryadi, Pahlawan Timnas Indonesia yang Mengguncang

Indonesia U-23 akhirnya menang 4-3 di mana Kiper Ernando Ari Sutaryadi tampil sebagai pahlawan. Penjaga gawang asal klub Persebaya Surabaya mampu menepis tembakan dari Muhammad Hadi dan Luqman Hakim.

Penampilan apik Ernando Ari berhasil mempertahankan gawang Timnas Indonesia U-23 sebetulnya sudah diperlihatkan sejak laga berjalan di waktu normal. Di mana kiper berusia 20 tahun itu melakukan sejumlah penyelamatan krusial.

Lantas, seperti apa profil dan prestasi serta perjalanan karier sang penjaga gawang di tim nasional Indonesia?



Ernando dipercaya tampil sejak Timnas U-16 di bawah asuhan pelatih Fakhri Husaini. Kemudian kembali ditarik oleh Shin Tae-yong untuk timnas U-19 dan U-23. Mentalnya untuk melawan pemain asing sejatinya sudah tertanam sejak dirinya bergabung dalam Garuda Select angkatan pertama.

Penjaga gawang berpostur 177 cm itu memang cukup mahir dalam adu penalti. Dia pernah menaklukkan tendangan penalti striker jangkung Australia bernomor punggung 9, Patrick Wood ketika membela Timnas Indonesia U-23 Indonesia melawan Australia di Tajikistan, Selasa (26/10/2021) .

Profil Ernando Ari Sutaryadi

Ernando Ari mulai mengenal sepak bola sejak duduk di bangku kelas 1 Sekolah Dasar (SD). Posisinya saat itu sebagai striker. Namun, ketika beranjak ke kelas 3 SD, dia berpindah posisi menjadi penjaga gawang.

Untuk karier profesionalnya, dia mengawali karier di Persebaya Surabaya Junior. Kemudian, Ernando mendapat kesempatan untuk ikut bergabung dengan Garuda Select angkatan pertama pada tahun 2019. Tepat pada awal tahun 2020, dia dipromosikan ke Persebaya Surabaya senior oleh pelatih Aji Santoso.

Biodata
Nama: Ernando Ari Sutaryadi
Tempat lahir: Semarang, Jawa Tengah
Tanggal lahir: 27 Februari 2002
Posisi: Penjaga gawang
Tinggi badan: 177 cm
Klub saat ini: Persebaya Surabaya
(sto)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2250 seconds (11.97#12.26)