Sejarah Emas Basket Indonesia Berkat Kolaborasi Local Hero, Pemain Keturunan dan Naturalisasi

Senin, 23 Mei 2022 - 16:00 WIB
loading...
Sejarah Emas Basket Indonesia Berkat Kolaborasi Local Hero, Pemain Keturunan dan Naturalisasi
Tim bola basket putra Indonesia untuk pertama kalinya sukses meraih medali emas di SEA Games. Ini berkat datangnya beberapa pemain naturalisasi. Foto: ANTARA FOTO/Fauzi Saputra
A A A
HANOI - Sejarah emas basket Indonesia di SEA Games 2021 berkat kolaborasi local hero, pemain keturunan dan naturalisasi. Tim bola basket putra Indonesia untuk pertama kalinya sukses meraih medali emas di SEA Games.

Datangnya beberapa pemain naturalisasi membuat tim Merah Putih mengukir catatan manis di Vietnam.



Dari empat nomor yang dimainkan di cabor ini, Indonesia meraih emas di kategori 5x5 putra. Sukses mengalahkan Filipina 85-81 membuat mereka mengunci posisi pertama dengan torehan 12 poin.

Pada SEA Games 2021, Indonesia membawa tiga pemain naturalisasi untuk menambah daya saing. Diantaranya adalah Brandon Jawato, Dame Diagne, dan Marques Bolden.

Ketiganya mampu memberikan perubahan yang sangat berarti bagi kesuksesan basket Indonesia di SEA Games kali ini. Keberadaan mereka bisa meningkatkan permainan dengan pertahanan yang cukup solid.

Mereka juga menjadi salah satu bintang yang mampu menciptakan poin-poin penting bagi Indonesia. Maka, pantas kiranya jika Indonesia mampu merusak dominasi Filipina yang sudah menjadi juara 13 kali berturut-turut.

Itu terlihat pada laga terakhir saat menghadapi Filipina. Bolden kembali menjadi bintang bagi tim basket Indonesia. Pemain Salt Lake City itu mampu menciptakan 18 poin, 10 rebound dan tiga assist.

Tidak hanya itu, Indonesia juga memiliki pemain keturunan lainnya yang mampu menunjukkan kemampuannya, yakni Derrick Xzavierro.

Pengalamannya bermain di Amerika Serikat tentu membuatnya memiliki kemampuan yang mumpuni untuk bersaing di SEA Games 2021.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2041 seconds (0.1#10.140)