Gagal Juara di Piala AFF dan SEA Games, Ini Prestasi Shin Tae-yong vs Pelatih Timnas Indonesia Lain

Jum'at, 27 Mei 2022 - 16:42 WIB
loading...
Gagal Juara di Piala AFF dan SEA Games, Ini Prestasi Shin Tae-yong vs Pelatih Timnas Indonesia Lain
Pelatih sepak bola Timnas Indonesia Shin Tae-yong berlari saat memimpin sesi latihan perdana di Kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (26/5/2022). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/YU
A A A
JAKARTA - Shin Tae-yong belum memenuhi ekspektasi publik sepak bola Tanah Air sejak menjadi pelatih Timnas Indonesia pada Desember 2019. Seperti apa prestasi STY jika dibandingkan dengan pelatih tim nasional era sebelumnya?

Teranyar, Shin Tae-yong gagal merealiasikan target medali emas Timnas U-23 di SEA Games 2021 . Garuda Muda hanya meraih perunggu setelah kalah 0-1 melawan Thailand di babak semifinal.

Beruntung, Timnas Indonesia U-23 mampu mengalahkan Malaysia U-23 dalam laga perebutan medali perunggu. Ada catatan yang perlu dicermati karena Indonesia menang lewat adu penalti lawan Malaysia U-23.

Prestasi cabang sepak bola putra di multievent dua tahunan itu bahkan terbilang merosot. Pasalnya di edisi sebelumnya yaitu pada SEA Games Filipina 2019, Timnas Indonesia U-23 mampu mengamankan medali perak.

Padahal PSSI telah memberikan fasilitas mentereng untuk persiapan SEA Games dengan mengirim Timnas U-23 melakukan pemusatan latihan (TC) ke Korea Selatan pada 15-27 April lalu. Di mana TC itu menjadi sejarah, karena untuk pertama kalinya PSSI jor-joran menggelar persiapan.



Kegagalan Timnas di SEA Games itu juga menjadi yang kedua bagi Shin Tae-yong. Sebelumnya, pelatih asal Korea Selatan itu juga gagal membawa Indonesia juara Piala AFF 2020.

Indonesia hanya menjadi runner-up Piala AFF 2020 setelah dikalahkan Thailand. Kekalahan yang membuat TC Timnas yang digelar di Turki pada November-Desember 2021 seakan sia-sia.

Jika melihat prestasi Shin Tae-yong yang belum maksimal, meski dengan dukungan yang besar dari PSSI, publik pun mulai membandingkan pelatih yang digaji Rp1,1 miliar per bulan itu dengan pelatih Timnas Indonesia di era sebelumnya.

Berikut perbandingan prestasi Shin Tae-yong dengan pelatih Timnas Indonesia sebelumnya:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1435 seconds (0.1#10.140)