Festival Balap Sepeda Bertajuk Il Festino Indonesia Digelar Berskala Internasional

Kamis, 02 Juni 2022 - 09:07 WIB
loading...
Festival Balap Sepeda Bertajuk Il Festino Indonesia Digelar Berskala Internasional
Festival Balap Sepeda Bertajuk Il Festino Indonesia Digelar Berskala Internasional. Foto: IST
A A A
YOGYAKARTA - Festival balap sepeda bertajuk Il Festino Indonesia digelar berskala internasional. Kegiatan ini resmi dibuka 30 Mei 2022 lalu dan merupakan acara balap sepeda pertama di Indonesia dengan format full race yang digelar di kota Yogyakarta.

Il Festino Indonesia akan digelar pada tanggal 25 September 2022, di Stadion Mandala Krida. Balapan akan dimulai pada pukul 5.00 WIB, dan peserta dibagi menjadi dua kategori. Grand Fondo dengan jarak tempuh 130 km dan Medio Fondo dengan jarak tempuh 80 km. Sepanjang perjalanan para peserta akan disuguhi rute menantang yang dipadukan dengan pemandangan eksotis khas Yogyakarta. Total elevasi yang ditempuh oleh peserta kurang lebih mencapai 1400m.



Balapan yang super menantang di Yogyakarta ini akan menjadi puncak dari rangkaian Il Festino Indonesia, festival jangka panjang yang akan diselenggarakan dalam durasi 5 bulan di berbagai daerah di Indonesia seperti Toba, Bandung, dan Jakarta, dan didukung oleh hampir seluruh stakeholder dan ekosistem sepeda ternama di Indonesja.

“Il Festino Indonesia hadir sebagai event balap amatir dengan tujuan memberikan tantangan baru balap sepeda amatir di Indonesia, dengan aturan yang diadaptasi dari aturan internasional. Yogyakarta kami pilih sebagai lokasi balapan karena kota ini memiliki kondisi jalan yang mulus, serta kontur elevasi yang beragam,” ungkap Raditya Pram selaku Technical Team Il Festino Indonesia.

Il Festino Indonesia sendiri bekerjasama dengan masyarakat dan komunitas sepeda lokal di Yogya untuk menjadi partner penyedia makanan dan minuman di setiap check point yang dilalui oleh para peserta. Ketika pendaftaran dibuka pada tanggal 30 Mei 2022 kemarin, sampai dengan tanggal 2 Juni 2022 sudah terdaftar sekitar 400 peserta.

Peserta Il Festino Indonesia ini sendiri dapat memenangkan hadiah berupa uang dan winner jersey; Maglia Rossa untuk kategori umum, Maglia Ciclamino untuk kategori Sprint, Maglia Azzura untuk King/Queen of Mountain dan Maglia Bianca Jersey untuk usia peserta dibawah 23 tahun (Young Riders). Total hadiah yang diperebutkan mencapai ratusan juta rupiah.

“Selain bekerja sama dengan masyarakat lokal di setiap check point, di Race Central sendiri Il Festino Indonesia akan bekerja sama dengan dinas pariwisata daerah, dinas perdagangan dan juga dinas terkait lainnya untuk dapat menggelar UMKM dan kuliner dari Provinsi Yogyakarta,” tambah Raditya Pram.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2483 seconds (0.1#10.140)