Pakai Format Berbeda, Formula E Gunakan Sistem Duel Saat Kualifikasi

Kamis, 02 Juni 2022 - 23:59 WIB
loading...
Pakai Format Berbeda, Formula E Gunakan Sistem Duel Saat Kualifikasi
Formula E (FE) Jakarta 2022 akan digelar akhir pekan ini. Untuk musim ini, ajang balap mobil listrik/elektrik itu menerapkan format kualifikasi yang berbeda. Foto: fia
A A A
JAKARTA - Formula E (FE) Jakarta 2022 akan digelar pada akhir pekan ini. Untuk musim ini, ajang balap mobil listrik/elektrik itu menerapkan format kualifikasi yang agak berbeda dari biasanya.

Baca Juga: Cuaca Panas Bikin Formula E Jakarta Lebih Menantang, Manajemen Baterai Jadi Kunci Kemenangan

Balapan Formula E Jakarta akan berlangsung di Sirkuit Formula E Jakarta, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). Ini pertama kalinya event ini hadir di Tanah Air.

Sebelum balapan dimulai, biasanya akan digelar dulu kualifikasi. Namun, tidak seperti pada umumnya, sesi latihan bebas, kualifikasi dan balapan berlangsung pada hari yang sama.

Untuk musim ini, Formula E memperkenalkan format duel pada kualifikasi. Namun, sebelum berduel, seluruh pembalap akan mencatatkan waktu terbaiknya di lintasan.

Pada sesi kualifikasi, akan terdapat dua grup berbeda, yang masing-masing berisikan 11 pembalap. setiap grup ditentukan oleh posisi di klasemen, yakni peringkat ganjil dan ganda.

Setiap grup akan diberi waktu 10 menit untuk mencatatkan waktu terbaiknya. Pada fase grup, kekuatan setiap mobil dibatasi hingga 220 kW. Empat pembalap tercepat, kemudian akan maju ke fase gugur dan berduel dengan pembalap lain, dengan kekuatan meningkat menjadi 250 kW.

Pada babak perempat final, pembalap tercepat di Grup A akan menghadapi peringkat keempat dari Grup B. Sementara runner-up Grup A melawan posisi ketiga dari Grup B, dan begitu juga dengan kebalikannya.

Pembalap yang berhasil memenangkan final bakal menentukan posisi start pada balapan. Sang pemenang di final berhak menempati pole position, sedangkan runner-up di urutan kedua.

Sementara pembalap yang kalah di semifinal, berhak menempati posisi ketiga dan keempat, lalu begitu seterusnya hingga posisi kedelapan. Sementara untuk posisi kesembilan dan ke-10 akan ditentukan sesuai grup.

Baca Juga: Ditemani Anies Baswedan, Bos Formula E Terkagum-kagum Lihat Jakarta International E-Prix Circuit

Jika pembalap dari Grup A tampil sebagai juara di final, posisi kesembilan diisi oleh penghuni urutan kelima pada fase grup. Untuk posisi 10, akan ditempati oleh penghuni urutan kelima dari Grup B dan begitu seterusnya hingga posisi ke-22.

(mirz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1530 seconds (11.97#12.26)